Proceeding of LP3I National Conference of Vocational Business and Technology (LICOVBITECH) https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech <p><strong>Proceeding of LP3I National Conference of Vocational Business and Technology (LICOVBITECH)</strong> <strong>(E-ISSN 2963-5209) </strong>ini merupakan seminar dilaksanakan sebagai agenda rutin Dies Natalis Politeknik LP3I Jakarta. Ditujukan sebagai sarana bagi peneliti, akademisi, dan praktisi untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian atau temuan, konsep dan ide terbaru mengenai Pengembangan Bisnis, Ekonomi dan Teknologi.</p> en-US licovbitech@lp3i.id (Donny Oktavian Syah) p3m_plj@lp3i.id (Pundhi Utomo) Tue, 15 Nov 2022 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.11 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 DIFUSI INOVASI SISTIM INFORMASI DAN KINERJA PROSES INTERNAL PEMERINTAHAN DESA DESTINASI WISATA: KEBERMANFAATAN TEKNOLOGI SEBAGAI VARIABEL MODERASI https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/5 <p align="justify">Peran penting difusi inovasi sistim informasi/teknologi dalam menunjang jalan organisasi sudah didokumentasikan oleh penelitian sebelumnya. Namun, penelitian gagal memberikan perhatian pada pemerintahan desa destinasi wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengalisis pengaruh difusi inovasi sistim informasi terhadap kinerja proses internal pemerintahan desa. Selain itu, penelitian juga melihat pengaruh variabel TOE, kebermanfaatan teknologi, terhadap kinerja proses internal pemerintahan desa. Peran sebagai moderator juga diujikan pada variabel kebermanfaatan teknologi. Dengan menggunakan 32 responden yang mewakili delapan pemeritahan desa destinasi wisata dan smart pls digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa difusi inovasi sistim informasi berdampak pisitif terhadap kinerja proses internal pemerintahan desa. Selain itu, kebermanfaatan teknologi berperan sebagai full moderator antara difusi inovasi sistim informasi dengan kinerja proses internal pemerintahan desa. Hasil penelitian ini berimplikasi pada integrasi dua teori yaitu Resources Based View dan TOE. Dengan kata lain, dua teori ini bisa menjelaskan variasi kinerja pemerintahan desa destinasi wisata.</p> Zaitul, Desi Ilona, Neva Novianti, Fathiya Ayu Widiningsih Copyright (c) 2022 Author https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/5 Thu, 03 Nov 2022 00:00:00 +0000 PENGARUH PROMOSI DAN DISTRIBUSI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA RESTORAN CEPAT SAJI (MC DONALD, KFC DAN PIZZA HUT) https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/6 <p align="justify">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Promosi dan Distribusi terhadap Minat Beli Konsumen pada Restoran Cepat Saji (Mc Donald, KFC dan Pizza Hut) di Wilayah Jabodetabek. Jenis Penelitian yang digunakan ini merupakan penelitian dengan pendekatan secara kuantitatif.. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode <em>purposive sampling</em> yaitu data dipilih berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan diperoleh jumlah sampel 120 Responden. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 24. Hasil penelitian ini&nbsp; menunjukkan Promosi berpengaruh signifikan terhadap minat beli sebesar 52.5%, uji hipotesis diperoleh t hitung &gt; t tabel atau (3.217 &gt; 1.980). Distribusi berpengaruh signifikan terhadap minat beli sebesar 50.8%, uji hipotesis diperoleh nilai &nbsp;t hitung &gt; t tabel atau (2.729 &gt; 1,980). Promosi dan Distribusi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat beli dengan persamaan regresi : Y = 1.016 + 0.249 X1 + 0,322X2&nbsp;&nbsp; dan kontribusi pengaruh sebesar 56,5%, uji hipotesis diperoleh F hitung &gt; F tabel atau (27.380 &gt; 3.080).</p> Nika Sintesa, Yunita Indriyany, Enny Diah Astuti Copyright (c) 2022 Author https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/6 Thu, 03 Nov 2022 00:00:00 +0000 MENGUKUR EFEKTIFITAS SISTEM AKUNTANSI PENERIMAAN KAS PADA PT SCG READYMIX INDONESIA https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/7 <p align="justify">Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem penerimaan kas, jaringan prosedur yang membentuk penerimaan kas, dan sistem pengendalian intern pada PT SCG Readymix Indonesia. Penulisan Tugas Akhir ini di bawah bimbingan Bapak Drs. Hamizar M.Ak. Metodologi penelitian yang dilakukan berupa studi lapangan dengan cara observasi, dan studi pustaka dengan cara mempelajari berbagai bentuk bahan-bahan tertulis. Langkah-langkah yang digunakan adalah dengan membahas sistem akuntansi penerimaan kas pada PT SCG Readymix Indonesia, Jakarta. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan penulis, dapat diperoleh kesimpulan secara umum bahwa sistem akuntansi penerimaan kas pada PT SCG Readymix Indonesia sudah berjalan dengan baik, namun belum sesuai dengan standar yang berlaku. Dalam sistem pengendalian intern yang sudah dijalankan belum sesuai dengan standar yang berlaku, karena masih ada beberapa fungsi yang belum terpisahkan. Jika sistem akuntansi penerimaan kas dan sistem pengendalian intern di perusahaan tersebut belum berjalan dengan semestinya, maka akan mempengaruhi kinerja karyawan dan perkembangan perusahaan di waktu yang akan mendatang.</p> Hamizar Copyright (c) 2022 Author https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/7 Thu, 03 Nov 2022 00:00:00 +0000 OPTIMALISASI EXAMVIEW DALAM PENGELOLAAN BANK SOAL SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN KETERAMPILAN GURU DI SMAN 107 JAKARTA https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/8 <p align="justify">Perkembangan trend pendidikan dan pembelajaran era 4.0 yang memiliki berbagai karakteristik dapat diakomodir dengan penerapan online based learning atau sistem pembelajaran dalam jaringan (SPADA), untuk mengikuti perkembangan tersebut SMAN 107 berencana untuk menerapkan sistem pembelajaran berbasis LMS Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment (Moodle), Adapun tujuan diadakannya kegiatan pelatihan dan pendampingan ini yaitu agar para guru dapat mengembangkan keterampilan dalam hal pengeloaan bank soal untuk implementasi pembuatan soal pada LMS Moodle tersebut. Karena salah satu yang wajib dilakukan oleh guru dalam hal penerapan moodle tersebut adalah memberikan penilaian dan melakukan evaluasi terhadap hasil pembelajaran, seorang guru dituntut supaya dapat menghasilkan instrumen penilaian dan evaluasi yang baik, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan membuat soal untuk disimpan dan akan digunakan saat diperlukan. namun, pada saat ini dalam pembuatan nya rata-rata guru di SMAN 107 Jakarta masih menggunakan cara manual sehingga menimbulkan adanya beberapa permasalahan, diantaranya mereka kesulitan saat akan melakukan upload soal ke dalam menu bank soal. untuk mengatasi masalah tersebut tentunya membutuhkan suatu teknologi pengelolaan bank soal yang dapat memberikan kemudahan dalam manajemen instrumen penilaian. salah satunya adalah pembuatan soal dengan menggunakan software ExamView, adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui Observasi serta pengisian angket. hasil yang didapat adalah terselenggaranya kegiatan pelatihan dan pendampingan selama 2 hari dengan jumlah peserta sebanyak 40 orang dengan produk yang dihasilkan berupa bank soal, lembar soal, lembar jawaban, dan lembar kunci jawaban. hasil produk, setelah dilaksanakan pre-test diawal pertemuan kemudian post-test di akhir sesi menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru-guru dalam pengelolaan bank soal. adapun respon dari angket menunjukkan bahwa pelatihan yang dilaksanakan telah memberikan kemudahan bagi peserta dalam melakukan pengelolaan terhadap bank soal.</p> Kuswandi, Setiawan, Arifin Setiabudi Copyright (c) 2022 Author https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/8 Thu, 03 Nov 2022 00:00:00 +0000 PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI PADA RESTORAN CEPAT SAJI DI JAKARTA https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/9 <p align="justify">Gaya hidup masyarakat yang semakin maju berpengaruh juga terhadap pola makan, dimana orang cenderung ingin segera mendapatkan menu makanan yang cepat, mudah dan praktis. Gaya hidup seperti itu saat ini sudah merambah untuk segala umur, baik anak-anak, remaja, dewasa bahkan orang tua.Peluang inilah yang kemudian melahirkan restoran cepat saji dalam memenuhi kebutuhan gaya hidup masyarakat terutama dalam hal makanan. Namun minat beli bagi seorang konsumen bisa di sebabkan oleh banyak faktor, dua antaranya adalah Kualitas produk dan citra merek. Kualitas produk yang baik sangat di harapkan oleh konsumen, demikian juga citra merek yang baik akan menjadi kebanggaan dan mungkin kepuasaan bagi konsumen manakala mengggunakan produk tersebut. Penelitian ini dilakukan adalah untuk melihat apakah ada pengaruh secara parsial variabel kualitas produk terhadap variabel minat beli, demikian juga apakah ada pengaruh citra merek terhadap minat beli konsumen restoran cepat saji. Penelitian yang &nbsp;dilakukan juga untuk mengetahui apakah kedua variabel tersebut bisa secara simultan atau bersama-sama mempengaruhi konsumen dalam menumbuhkan minat beli produk restoran cepat saji. Berdasarkan Uji t, dimana Variabel X1 (kualitas produk) menghasilkan masing- masing skor 0,038 &lt; 0,05 dan variabel X2 (Citra merek) menghasilkan skor 0,000&lt;0,05 mengindikasikan kedua variabel tersebut secara parsial mempengaruhi minat beli. Berdasarkan Uji F menghasilkan skor 0,000 &lt; 0,05 yang berarti bahwa kedua variabel secara bersama-sama mempengaruhi minat beli .Hasil dari persamaan regresi berganda Y= 0.131 X1 + 0.264 X2 - 0.125<strong>, </strong>dihasilkan R Square sebesar 0,399 artinya terdapat kontribusi antara variabel Kualitas produk dan variabel Citra merek terhadap minat beli sebesar0,39%.</p> Eko Sugiyanto, Supadi Bambang, Susilo Wulandari Copyright (c) 2022 Author https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/9 Thu, 03 Nov 2022 00:00:00 +0000 ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI RAWAT INAP DAN RAWAT JALAN PADA KLINIK HEWAN https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/10 <p align="justify">Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Rawat Inap dan Rawat Jalan Pada Klinik Hewan ini merupakan <em>blueprint</em> yang dapat dikembangkan menjadi sebuah sistem yang dapat digunakan oleh pegawai dan dokter meliputi informasi dari data obat, data dokter, data hewan peliharaan, data pembayaran, data pemeriksaan dan data perawatan. Perancangan terdiri dari sistem input data Hewan meliputi Nama Hewan, Ras, Jenis Kelamin, Warna, Nama Pemilik, Alamat, No. tlp/HP, Dan Email. Sistem input Dokter meliputi, Nama, No. Tlp/HP, dan Email. Sistem input Obat meliputi, nama obat dan harga. Sistem input Pembayaran meliputi, Jenis Pemeriksaan , Harga, Tanggal, Nama Hewan, qty, Nama Pemilik, Alamat, No. Tlp/HP, Email, No. Order, Total, Jumlah Pembayaran dan Jumlah Kembalian. Sistem input Perawatan meliputi, Nama Hewan, Ras, Jenis Kelamin, Warna, Nama Pemilik, Alamat, No. tlp/HP, Email, Nama dokter, tanggal pemeriksaan, anamnese, dan treatment/diagnosa. Perancangan ini adalah untuk mempermudah pengolahan data Rawat Inap juga Rawat Jalan. Pengembangan sistem ini menggunakan metode siklus daur hidup pengembangan sistem. Metode tersebut meliputi beberapa tahapan proses yaitu tahap perencanaan sistem, tahap analisis sistem, tahap perancangan sistem. Sistem Rawat Jalan &amp; Rawat Inap diharapkan dapat mempermudah proses pembuatan laporan Pemeriksaan sehingga dapat menghasilkan data yang akurat dan efektif.</p> Hesti Rian, Sata Lesmana, Suharmanto Copyright (c) 2022 Author https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/10 Thu, 03 Nov 2022 00:00:00 +0000 PENGARUH REKRUTMEN, SELEKSI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PT HEKSA ARTHA SAKTI CABANG BANGKALAN https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/11 <p align="Justify">Tujuan penelitian untuk mempelajari pengaruh rekrutmen, seleksi dan lingkungan terhadap kinerja pegawai PT. Heksa Artha Sakti Cabang Bangkalan. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif regresi linier dengan responden seluruh pegawai tetap yang berjumlah 85 orang pegawai. Hasil penelitian menyimpulkan Rekrutmen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja pegawai PT. Heksa Artha Sakti Cabang BangkalanPengaruh dalampersentase adalah&nbsp; 51.0%, Seleksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja pegawai PT. Heksa Artha Sakti Cabang BangkalanPengaruh dalam persentaseadalah 46.9%. lingkungankerja&nbsp; berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja pegawai PT. Heksa Artha Sakti Cabang Bangkalan Pengaruh dalam persentaseadalah&nbsp; 38,1% dan Rekrutmen, seleksi dan&nbsp; lingkungan kerja secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan&nbsp; terhadap Kinerja pegawai PT. Heksa Artha Sakti Cabang BangkalanPengaruh dalampersentase adalah&nbsp; 55,6%.</p> Dingot Hamongan Ismail, Eric Hermawan Copyright (c) 2022 Author https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/11 Thu, 03 Nov 2022 00:00:00 +0000 PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA DOSEN LP3I JAKARTA DI MASA PANDEMI https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/12 <p align="justify">Penelitian yang dilakukan dalam aktivitas ini&nbsp; ditujukan untuk mengkaji dan menganalisis Kompetensi Profesional dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Dosen di Politeknik LP3I Jakarta selama masa pandemic covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian <em>Explanatory Research </em>&nbsp;yaitu pendekatan penelitian untuk memberikan penjelasan tentang adanya suatu pengaruh atau tidak antara variabel Kompetensi Profesional dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Dosen. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah dosen di Politeknik LP3I Jakarta dengan pengambilan sample menggunakan metode&nbsp; random sampling.&nbsp; Sedangkan regresi berganda dijadikan sebagai teknik dalam menganalisis data penelitian. Dari pengolahan data, hasilnya menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif dan juga signifikan antara variabel X1 terhadap Y, dikarenakan nilai t-hitung &gt; t-table (6,684 &gt; 1,9826). Sehingga ada pengaruh antara variabel Kompetensi Profesional terhadap Kinerja Dosen. (2) Terdapat pengaruh positif signifikan antara variabel X2 terhadap Y, dikarenakan nilai t-hitung &gt; t-table (3,752 &gt; 1,9826). Sehingga terdapat pengaruh antara variabel Disiplin Kerja Dosen terhadap Kinerja Dosen. (3) Terdapat pengaruh positif dan juga signifikan antara Kompetensi dan Disiplin Kerja Dosen terhadap Kinerja Dosen secara simultan dengan besaran 72,7%. Sisanya 27,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.</p> D Purnomo, Niantoro Sutrisno, Herry Syafrial Copyright (c) 2022 LP3I National Conference of Vocational Business and Technology (LICOVBITECH) https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/12 Thu, 03 Nov 2022 00:00:00 +0000 PENGARUH PENGALAMAN ORGANISASI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS SOFT SKILL MAHASISWA DI ERA INDUSTRI 4.0 DAN SOCIETY 5.0 https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/13 <p align="justify">Kualitas soft skill sumber daya manusia sangat penting dalam memperkuat dunia industri saat ini yang sudah masuk pada era industry 4.0 dan society 5.0. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengalaman organisasi yang diikuti mahasiswa dan motivasi belajar terhadap peningkatan kualitas soft skill. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jumlah populasi adalah seluruh mahasiswa aktif Politeknik LP3I Jakarta pada tahun akademik 2021/2022. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial yang positif dan signifikan antara pengalaman organisasi terhadap peningkatan kualitas soft skill mahasiswa, terdapat pengaruh secara parsial yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap peningkatan kualitas soft skill mahasiswa, dan pengalaman organisasi serta motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan.</p> Damdam Damiyana, Joko Nugroho, Ria Estiana Copyright (c) 2022 Author https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/13 Thu, 03 Nov 2022 00:00:00 +0000 PELAKSANAAN ADMINISTRASI PEMASARAN PADA PT. MENARA CIPTA METALINDO DI BEKASI https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/14 <p align="justify">Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana Pelaksanaan &nbsp;&nbsp;Administrasi Pemasaran pada PT. Menara Cipta Metalindo di Bekasi berjalan, dan untuk mengetahui hambatan-hambatan serta solusi untuk mengatasi hambatan dalam pemecahan masalah. Metode penulisan ini menggunakan deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami tentang apa saja yang dialami oleh subjek penelitian, misalnya perilaku, persepsi, motivasi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, yaitu mengamati langsung objek yang diteliti. Berdasarkan hasil pembahasan menunjukkan bahwa Pelaksanaan Administrasi Pemasaran pada PT. Menara Cipta Metalindo telah sesuai dengan standard pelaksanaan administrasi, namun belum maksimal. Hambatan yang terjadi dari Pelaksanaan Administrasi Pemasaran pada PT. Menara Cipta Metalindo yaitu PO (Purchase Order) yang masuk secara mendadak, dan adanya cancel order. Adapun yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk mengatasi hambatan-hambatan yang terjadi dalam administrasi pemasaran dengan memperbaiki sistem pada penerimaan order, melakukan check pada PO agar tidak melewati due date pengiriman dan melakukan perbaikan secara berkala dengan selalu berkomunikasi antar departemen, antar atasan dengan bawahan terkait dalam kegiatan tersebut</p> Prihandono, Taty Noorhayati, Titik Purwaningtyas Copyright (c) 2022 Author https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/14 Thu, 03 Nov 2022 00:00:00 +0000 KORELASI ISO 21001 DAN SISTEM PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN TINGGI https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/15 <p align="justify">To get quality education, the government implements the Higher Education Quality Assurance System (SPM Dikti). SPM Dikti consists of an internal quality assurance system (SPMI) developed by universities, and an external quality assurance system (SPME) which is carried out through accreditation. At the national level, universities are required to undergo accreditation facilitated by the Government as operational legalization and quality ratings of institutions and study programs. At the international level, universities generally use the ISO 9001 Quality Management System (QMS) or the ISO 21001 Education Organization Management System (SMOP) in an effort to improve the quality of their education processes. The two SPM Dikti and SMOP systems have different languages, structures, targets and documentation details. The purpose of this study is to determine the correlation between the Higher Education Quality Assurance System (SPM Dikti) and ISO 21001: 2018. The method used in analyzing the correlation of the two documents in this study is a comparative method, by comparing the requirements of ISO 21001:2018 and the Act. No. 12 of 2012 concerning Higher Education, which is explained through Permenristekdikti 62 of 2016 concerning the Higher Education Quality Assurance System. The expected results of this study show the efficiency of the application of ISO requirements in the BAN-PT accreditation process, and vice versa the effectiveness of the application of BAN-PT accreditation in the ISO adoption process. The correlation of the two systems will be a very useful tool for ISO 21001 certified universities in supporting BAN-PT Accreditation</p> Wiwiet Prihatmadji, Ali Zulfikar, Mira Firlana Copyright (c) 2022 Author https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/15 Tue, 15 Nov 2022 00:00:00 +0000 PENGHITUNGAN, PENCATATAN DAN PELAPORAN PPN PADA PT PAN EKSPRES INTERNATIONAL BEKASI https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/16 <p align="justify">Artikel ilmiah yang berjudul Penghitungan, Pencatatan Dan Pelaporan Pajak Pertambahan Nilai pada PT PAN Ekspres International dilakukan bertujuan untuk mengetahui cara penghitungan, pencatatan dan Pelaporan pajak yang dikenakan atas PPN. PT PAN Ekspres International<em>. </em>PT PAN Ekspres International merupakan Perusahaan&nbsp; yang bergerak pada jasa pengurusan transportasi dan telah dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak maka wajib melakukan pemungutan PPN atas kegiatan penyerahan jasa. Maka dari itu, perlu mengetahui tata cara untuk Penghitungan, Pencatatan Dan Pelaporan PPN sesuai dengan aturan yang berlaku. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif berisi gambaran objektif tentang keadaan sebenarnya dari objek yang diteliti dilengkapi dengan pengamatan, wawancara, dan studi pustaka untuk membahas mengenai Pajak Pertambahan Nilai pada PT PAN Ekspres International<em>. </em>Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan mengenai Penghitungan, Pencatatan Dan Pelaporan Pajak Pertambahan Nilai telah dilakukan sesuai dengan peraturan yang berlaku.</p> Fera Lufhidarani Pranita, Enggun Gunawan; Muntasir Copyright (c) 2022 Author https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/16 Tue, 15 Nov 2022 00:00:00 +0000 EKSISTENSI KUALITAS PELAYANAN PT. ABC SALAH SATU PERUSAHAAN JASA EKSPEDISI DI KOTA BEKASI https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/17 <p align="justify">Penelitian ini didasari oleh adanya penurunan tingkat kepuasan pelanggan pada PT ABC di Bekasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan rekomendasi secara sistematis bagi peningkatan layanan ekspedisi PT ABC. &nbsp;Analisis dilakukan berdasarkan ukuran keberhasilan dari pencapaian perusahaan terhadap lima dimensi pelayanan jasa, yaitu <em>Reliability, Assurance, Tangibles, Empathy, Responsiveness</em>. Ada tiga jenis kategori <em>claim </em>yang ada ditemui pada kinerja pelayanan PT ABC yaitu akurasi data, administrasi dan estimasi pengiriman barang. Persentase terbanyak dari ketiga kategori tersebut adalah pada estimasi pengiriman barang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus yang mengeksplorasi secara khusus fenomena yang terjadi terhadap kinerja layanan PT ABC. Narasumber dan data internal maupun eksternal digunakan sebagai sumber data penelitian.&nbsp; &nbsp;Pemerolehan data dilakukan dengan melakukan kegiatan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.&nbsp; &nbsp;Data dianalisis dengan menggunakan teknik triangulasi data sumber dengan tahapan-tahapan sesuai dasar pendekatan penelitian kualitatif. Hasil temuan di lapangan adalah; keterlambatan estimasi pengiriman barang disebabkan karena beberapa hal yang terjadi di jalan raya yang tidak terduga pada saat proses pengiriman barang berlangsung, kendala SDM (sumber daya manusia), dan keterlambatan estimasi dari TIKI luar daerah atau daerah asal barang tersebut dikirim tanpa memperhitungkan kejadian yang tidak terprediksi. &nbsp;aksi demonstrasi masa yang menutup akses jalan utama. Oleh karena itu perlu dibentuknya tim khusus penanganan pengiriman barang seperti <em>emergency team </em>apabila terjadi situasi kondisi di jalan raya yang tidak diinginkan seperti kecelakaan, kondisi jalan banjir dan lain-lain. Team ini bergerak khusus hanya pada keadaan darurat saja. <em>Emergency team </em>juga bergerak pada saat ada kofirmasi dari kurir terkait kendala teknis dari kendaraan.</p> Sisca Cletus Lamatokan, Fatimah Malini Lubis, Winda Nuraeni Copyright (c) 2022 Author https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/17 Tue, 15 Nov 2022 00:00:00 +0000 PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ONLINE AGENT TRAVELOKA JAKARTA https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/18 <p align="justify">Traveloka merupakan perusahaan teknologi yang menggunakan internet dalam memasarkan layanan jasanya dan dapat digunakan setiap saat.. Inilah salah satu faktor penggunaan internet meningkat dalam dunia usaha. Dengan adanya layanan internet ini memudahkan konsumen dalam memenuhi kebutuhannya. Tujuan dari peneliitan ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga dan kualitaslayanan terhadap keputusan pembelian pada Agent Traveloka, Jakarta. Metode penelitian merupakan penelitian asosiatif deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik penelitian dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas&nbsp; dari kuesioner pada variabel harga, variabel kualitass &nbsp;pelayanan&nbsp;&nbsp; &nbsp;dan &nbsp;variabel &nbsp;keputusan &nbsp;pembelian &nbsp;pada &nbsp;online &nbsp;travel Jakarta. &nbsp;Populasi penelitian berjumlah 78 responden, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik accidential sampling yaitu suatu metode penentuan sampel dengan mengambil responden yang kebetulan ada atau tersedia di suatu tempat sesuai dengan konteks penelitian,&nbsp;&nbsp; Untuk penganalisaan datanya memakai analisa regresillinier berganda menggunakan rumus Y = 2,246+0,234+0,297, menandakan adanya suatu pengaruh yang positif diantara variabelbebas harga dan Kualitaspelayanan terhadap &nbsp;keputusan pembelian. &nbsp;Serta &nbsp;ujii &nbsp;t &nbsp;dan &nbsp;uji &nbsp;F. &nbsp;Hasil&nbsp;&nbsp; &nbsp;&nbsp;penelitian diinterpretasikan dengan berdasarkan pada hasil olahan statistik dengan program SPSS versi 25. Hasil analisa &nbsp;uji t dan uji F, menunjukkan hasil secara parsial dan simultan ada pengaruh antara variabel (X1) harga &nbsp;dan (X2) kiualitas layanan terhadap variabel keputusan pembelian konsumen (Y). Berdasarkan output uji korelasi diketahui bahwa nilaiRsquare sebesar0,694 atau 69,4% masuk kategori kuat. Hal ini berarti bahwa pengaruh varibel X1 dan X2 secara simultan terhadap bariabel Y sebesar 69,4% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidakditeliti.</p> Faridah, Bambang Hermanto, Danis Wahyu Susanto Copyright (c) 2022 Author https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/18 Tue, 15 Nov 2022 00:00:00 +0000 ANALISIS PERAN KEBIJAKAN SUBSIDI ANGKUTAN BARANG PERINTIS TERHADAP KELANGKAAN BARANG DAN KONEKTIVITAS PADA WILAYAH TERTINGGAL, TERPENCIL, TERLUAR, DAN PERBATASAN (3 TP) https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/19 <p align="Justify">Permasalahan kelangkaan barang dan konektivitas wilayah yang masih terjadi diwilayah Tertinggal, Terpencil, Terluar, Dan Perbatasan (3TP) menyebabkan perlu adanya intervensi pemerintah dalam menekan permasalahan tersebut. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah yaitu dengan memberikan subsidi angkutan barang perintis guna menekan biaya logistik dan membangun konektivitas antar wilayah. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif Deskriptif. Narasumber penelitian ini terdiri dari 4 orang yaitu Kepala Subdirektorat Angkutan Barang, Kepala Seksi Angkutan Barang Khusus, Staf Teknis Pengawas Kegiatan di lapangan yang merupakan unsur perwakilan Kementerian Perhubungan selaku pembuat kebijakan dan seorang narusumber dari perwakilan masyarakat diwilayah 3TP selaku penerima mamfaat atas kebijakan ini. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview (wawancara), pengumpulan data primer dan sekunder serta dokumentasi melalui pengumpulan dokumen – dokumen dan catatan – catatan teknis pendukung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk mengatasi kelangkaan barang dapat dilakukan dengan penyediaan sarana angkut barang yang tetap dan penyediaan layanan angkut barang terjadwal/reguler untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap kepastian logistik atas barang-barang pokok dan penting, guna menimalisir dampak kelangkaan barang akibat keterbatasan sarana angkut ataupun ketidakpastian sistem distribusi barang dalam rangka menjamin suplai barang diwilayah 3 TP. Sedangkan dalam membangun konektivitas dapat terwujud dengan adanya penetapan jaringan lintas penyelenggaraan kewajiban pelayanan publik angkutan barang di jalan dari dan ke daerah 3 TP yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat, sehingga dengan ini pemerintah akan berperan membuka akses layanan angkut barang ke&nbsp; wilayah-wilayah terisolir dengan&nbsp; menjamin kesedian layanan angkut barang &nbsp;yang terjadwal guna membuka aksesibilitas jaringan logistik barang diwilayah 3 TP sebagai salah satu layanan dasar yang keberadaannya &nbsp;dijamin oleh pemerintah.</p> M. Wahyu Arya Putra, Metya Lutviani, Kania Farida Copyright (c) 2022 Author https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/19 Tue, 15 Nov 2022 00:00:00 +0000 EFEK PROMOSI PADA PENJUALAN TIKET WISATA AMAZZONE WORLD CIKARANG https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/20 <p align="justify">Seiring berkembangnya teknologi di Indonesia, dalam dunia&nbsp; obyek wisata pun mengalami perkembangan yang cukup pesat, tetapi di sisi lain ini juga dapat berdampak pada dunia bisnis obyek wisata. Perkembangan ini juga dapat menimbulkan persaingan-persaingan ketat yang saling ingin mendominasi dunia usaha. Dengan demikian suatu perusahaan harus bekerja lebih efektif dan efisien serta lebih peka dalam mengantisipasi pasar.&nbsp; Dalam menyusun strategi promosi penjualan, perusahaan di tuntut lebih unggul dan lebih tinggi. Pembahasan rumusan masalah pada&nbsp; hasil penelitian ini, bagaimana pengaruh promosi (X) terhadap penjualan (Y) tiket pada wisata Amazzone World Cikarang. Hasil penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan pengambilan sampel sebanyak 105 responden dengan menggunakan data primer. Hasil penelitian ini adalah bahwa promosi memengaruhi penjualan tiket ke pariwisata Cikarang World Amazzone. Hasil regresi linier sederhana diperoleh, y = 10,703 + 0,854x dengan tingkat makna 0 000 &lt;0,05. Nilai konstan (α) diperoleh pada 10.703 dan koefisien regresi promosi (x) 0,854 adalah positif, yang berarti bahwa ada pengaruh positif antara variabel promosi (x) pada variabel (y) penjualan penjualan. Tes hipotesis (uji t parsial) memperoleh nilai signifikansi 0,000 &lt;0,05, yang berarti promosi (x) memiliki pengaruh signifikan terhadap penjualan (Y). Dapat juga dilihat dalam nilai t dalam uji t (parsial) memperoleh nilai tcount 11.864&gt; Ttable 1.663, yang berarti promosi (x) mempengaruhi penjualan (y). Dalam koefisien penentuan (R2), memperoleh nilai persegi R 0,577, yang berarti bahwa efek promosi (x) secara bersamaan pada penjualan (y) 57,7% sementara 42,2% ditentukan oleh variabel lain yang dapat digunakan sebagai penelitian tambahan tambahan.</p> Ermanuri, Rahayu Tri Utami, Shofa Rosita A Copyright (c) 2022 Author https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/20 Tue, 15 Nov 2022 00:00:00 +0000 KUALITAS PELAYANAN : ADMINISTRASI DOKUMEN EKSPORT IMPORT TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/21 <p align="justify">Kualitas pelayanan merupakan salah satu hal penting bagi perusahaan untuk mencapai kesuksesan. Dalam rangka memberikan suatu pelayanan dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan yang memberikan pelayanan dapat membantu perusahaan dalam mempertahankan pelanggan dan meningkatkan pelayanan yang diberikan dimasa pandemi <em>Covid 19 </em>seperti saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan administrasi dokumen ekspor impor&nbsp; terhadap&nbsp; kepuasan &nbsp;pelanggan.&nbsp; Tempat &nbsp;dan &nbsp;Populasi&nbsp; yang&nbsp; diambil &nbsp;dalam&nbsp; penelitian&nbsp; ini merupakan pelanggan tetap PT. ABC Jakarta Utara yang telah menggunakan jasa 2 kali atau lebih dari 2 kali yang berjumlah 50 orang, sebagai jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana. Hasil yang diperoleh dalam penelitian &nbsp;ini &nbsp;yaitu &nbsp;bahwa&nbsp; terdapat &nbsp;pengaruh &nbsp;yang &nbsp;signifikan antara &nbsp;kualitas &nbsp;pelayanan &nbsp;terhadap kepuasan pelanggan hasil uji-t pada penelitian ini menunjukkan signifikansi kualitas pelayanan dengan kepuasan&nbsp; pelanggan.&nbsp; Hasil uji &nbsp;koefisien &nbsp;determinasi &nbsp;R2 &nbsp;menunjukkan &nbsp;kualitas &nbsp;pelayanan &nbsp;(X) menjelaskan kepuasan pelanggan (Y) sebesar 46,9% dan sisanya sebesar 53,1% dijelaskan oleh faktor- faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model yang diteliti dalam penelitian ini.</p> Darmawan, Bakri, Umi Hanik Makmuroh Copyright (c) 2022 Author https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/21 Tue, 15 Nov 2022 00:00:00 +0000 ANALISA PENGARUH KEPUASAN, KEPERCAYAAN, DAN KEMUDAHAN PELANGGAN MILENIAL TERHADAP CITRA MEREK MARKET PLACE SHOPEE SELAMA PANDEMI COVID-19 DI JABODETABEK https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/22 <p>Penelitian ini dilakukan dalam rangka menghadapi&nbsp; bonus demografi yang akan dialami Indonesia pada beberapa tahun kedepan. Pada saat itu, akan terjadi ledakan jumlah usia produktif di Indonesia.&nbsp;&nbsp; Kelak generasi milenial menjadi generasi yang paling berperan sebagai penggerak ekonomi. <em>Market place </em>merupakan salah satu sarana yang dapat menjadi <em>support system </em>penduduk usia produktif dalam merintis usaha dan membuka lapangan pekerjaan. Shopee menjadi salah satu pilihan berbelanja para generasi milenial, karena selama pandemi terjadi pembatasan bersosialisasi.&nbsp; &nbsp;Shopee juga mengalami lonjakan jumlah kunjungan, hal ini dapat dilihat di situs I-Price, bahwa sepanjang tahun 2021, Shopee menduduki posisi teratas dalam jumlah kunjungan mengalahkan Tokopedia yang semula menduduki posisi tersebut. Hal ini menjadi alasan untuk melakukan penelitian tentang pengaruh kepuasan pelanggan, kepercayaan, dan kemudahan terhadap citra merek <em>market place </em>Shopee. Objek penelitian dilakukan terhadap kaum milenial berusia 21 tahun-40 tahun dari berbagai profesi yang merupakan pelanggan Shopee di Jabodetabek. Cara pemilihan sampel dilakukan secara <em>Insidental sampling &nbsp;dan purposived sampling. </em>Metode analisa data menggunakan teknik regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan 1) Kepuasan pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap citra merek <em>market place </em>Shopee 2) Kepercayaan pelanggan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap citra merek, 3) Kemudahan pelanggan dalam mengakses ataupun memperoleh <em>market place, </em>memiliki pengaruh yang signifikan terhadap citra merek <em>market place </em>Shopee. 4) Persamaan Ŷ = 2,045 + 0,099X1 +0,067 X2 + 0,741 X3 + e, menggambarkan citra merek market place Shopee dipengaruhi oleh kepuasan sebesar 9,9%, kepercayaan sebesar 6,7%, dan kemudahan pelanggan sebesar 74,1%.</p> Evalina, Herawati Tardan Copyright (c) 2022 Author https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/22 Tue, 15 Nov 2022 00:00:00 +0000 PENGARUH PROMOSI DAN MOTIVASI PEMBELIAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RESTORAN CEPAT SAJI MC. DONALD https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/23 <p align="justify">Maraknya &nbsp;bisnis &nbsp;dibidang&nbsp; kuliner &nbsp;menjadikan &nbsp;Mc.Donald’s &nbsp;perlu &nbsp;meningkatkan strategi&nbsp; &nbsp;penjualannya.&nbsp; &nbsp;Promosi&nbsp; &nbsp;yang&nbsp;&nbsp; gencar&nbsp; &nbsp;dengan&nbsp; &nbsp;mengedepankan&nbsp; &nbsp;pelayanan&nbsp; &nbsp;akan mendorong minat konsumen untuk melakukan pembelian dan menjadi loyal. Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi dan motivasi pembelian&nbsp; terhadap&nbsp; kepuasan&nbsp; konsumen&nbsp; pada &nbsp;restoran&nbsp; cepat &nbsp;saji &nbsp;Mc.&nbsp; Donald. &nbsp;Metode penelitian dilakukan melalui penyebaran kuesioner yang disebar kepada konsumen Mc. Donald yang&nbsp; mengisi &nbsp;angket &nbsp;sejumlah &nbsp;80 &nbsp;konsumen &nbsp;dimana &nbsp;sampelnya &nbsp;diambil &nbsp;secara &nbsp;random. Adapun teknik analisis data melalui pengujian uji validitas, reliabilitas, uji T, uji F dan uji analisis regresi linier berganda. Adanya penghitungan hasil penelitian dilakukan secara kuantitatif dimana hasil sebaran kuesioner dihitung secara angka. Hasil uji diperoleh bahwa semua&nbsp; data&nbsp; valid &nbsp;dan &nbsp;reliabel &nbsp;sehingga&nbsp; dapat &nbsp;dilakukan &nbsp;pengujian. &nbsp;Hasil &nbsp;uji &nbsp;parsial &nbsp;(T) diperoleh nilai variabel promosi t hitung 1.857 &lt; t tabel 1.994 dimana H1 ditolak sehingga tidak ada pengaruh antara promosi dengan kepuasan konsumen, sedangkan pengujian H2 diperoleh nilai t hitung 7.376 &gt; t tabel 1.994 yang menyatakan ada pengaruh antara motivasi pembelian terhadap kepuasan konsumen. Secara simultan hasil &nbsp;uji F terdapat pengaruh antara variabel X1 dan X2 secara bersama terhadap variabel Y yaitu F hitung 56.437 &gt; F tabel 3.15. Nilai R square melalui uji koefiesien determinasi diperoleh nilai sebesar 0.594 yang berarti variabel &nbsp;X1&nbsp; dan &nbsp;X2&nbsp; mempengaruhi&nbsp; variabel &nbsp;Y&nbsp; sebesar&nbsp; 59,4%. &nbsp;Persamaan &nbsp;regresi &nbsp;linier berganda diperoleh nilai Variabel X1 menyebabkan adanya peningkatan terhadap variabel Y sebesar 0.081 sedangkan variabel X2 mempengaruhi variabel Y lebih dominan yaitu sebesar 0.661.</p> Yoeliastuti, Iis Kartini, Retno Widowati Copyright (c) 2022 Author https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/23 Tue, 15 Nov 2022 00:00:00 +0000 PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN CV. XYZ CIKARANG https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/24 <p>Penelitian ini dilakukan pada CV. XYZ Cikarang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kompensasi dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan CV. XYZ Cikarang, baik secara parsial maupun simultan. Adapun popu lasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai CV. XYZ Cikarang sebanyak 21 karyawan dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sampling jenuh (sensus). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan metode analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompensasi tidak berpengaruh terhadap kinerja CV. XYZ Cikarang. Sedangkan motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan CV. XYZ Cikarang</p> Agung Edi Rustanto, Sudirman, Utep Sobali Copyright (c) 2022 Author https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/24 Tue, 15 Nov 2022 00:00:00 +0000 COVID-19 DAN DIGITALISASI PENDIDIKAN AKUNTANSI (Studi Empiris pada Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Kota Bandung) https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/25 <p align="justify">Permasalahan penelitian yang diangkat dalam penelitian ini adalah pandemi Covid-19 telah memberi dampak yang besar terhadap sektor pendidikan, khususnya bagi tenaga pengajar dan pelajar. Pada April 2020, UNESCO melaporkan bahwa sebanyak 189 negara menutup lembaga pendidikannya sehingga berdampak pada 1.542.412.000 pelajar atau 89,4% dari total pelajar yang terdaftar (UNESCO, 2020). Salah satu dampak yang paling berpengaruh terhadap sektor pendidikan adalah terkait dengan proses belajar mengajar. Hampir seluruh perguruan tinggi di dunia memutuskan untuk mengubah cara mengajarnya dari yang semula sistem tatap muka menjadi sistem pembelajaran jarak jauh. Tujuan penelitian ini adalah studi eksploratif, yaitu untuk mengetahui dampak pandemi Covid-19 terhadap digitalisasi pendidikan akuntansi pada perguruan tinggi negeri dan swasta di Kota Bandung. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh dosen akuntansi perguruan tinggi negeri dan swasta di Kota Bandung. Teknik sampling-nya adalah snowball sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diambil dari kuesioner, yang disebarkan kepada dosen akuntansi. Kuesioner dibagi menjadi 5 (lima) indikator, yaitu&nbsp;&nbsp;&nbsp; : (a) Dampak pandemi Covid-19 terhadap kinerja mahasiswa akuntansi; (b) Digitalisasi pendidikan akuntansi; (c) Self-efficacy dari pengajar; (d) Dampak pandemi Covid-19 terhadap waktu perkuliahan; dan (e) Dampak pandemi Covid-19 terhadap metode pembelajaran. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Tahapan metode penelitian dimulai dari peneliti mencoba untuk membangun suatu teori dengan mengumpulkan literatur-literatur untuk memperkuat hipotesis/preposisi. Setelah itu, peneliti menyebarkan kuesioner kepada dosen akuntansi dari perguruan tinggi negeri dan swasta di Kota Bandung. Terakhir, peneliti mengolah dan mendeskripsikan data hasil kuesioner, serta menyimpulkan hasil penelitian.</p> Hana Fadhilah Copyright (c) 2022 Author https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/25 Tue, 15 Nov 2022 00:00:00 +0000 STRATEGI PEMASARAN BABE BAKERY DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19 https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/26 <p align="justify">Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi pemasaran Babe Bakery dalam menghadapi pandemic Covid-19, serta kendala dan solusi yang dilakukan Babe Bakery di masa pandemi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara melakukan observasi, studi lapangan dan studi kepustakaan. Untuk mendapatkan&nbsp; &nbsp;hasil &nbsp;yang &nbsp;sesuai&nbsp; &nbsp;dengan&nbsp;&nbsp; fenomena&nbsp; &nbsp;lapangan,&nbsp; &nbsp;peneliti&nbsp; &nbsp;juga &nbsp;melakukan wawancara terhadap informan yang berkaitan dengan tujuan penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, Baby Bakery melakukan strategi pemasaran 7P (Product, Price, Place, Promotion, Process, &nbsp;People, &nbsp;dan &nbsp;Physical &nbsp;Evidence). Selain itu, penelitian&nbsp; menemukan &nbsp;kendala yang terjadi dalam pemasaran Babe Bakery menghadapi pandemi Covid-19 yaitu adalah adanya keterbatasan pembeli atau pelanggan untuk keluar rumah, meningkatnya&nbsp; harga bahan baku pembuatan roti sehingga berdampak pada kenaikan harga roti daya beli pun ikut menurun. Solusi dari kendala yang dihadapi yaitu melakukan beberapa hal diantaranya,&nbsp; tidak hanya melakukan model bisnis konvensional&nbsp; namun Babe Bakery juga menerapkan model bisnis digitalisasi, mengadakan potongan harga dalam rangka memperingati hari besar keagamaan atau nasional.</p> Fatimah Malini Lubis, Zahra Aulia Salsabila, Sisca Cletus Lamatokan Copyright (c) 2022 Author https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/26 Tue, 15 Nov 2022 00:00:00 +0000 PENGARUH CITRA MERK DAN MOTIVASI PEMBELIAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA RESTORAN MAKANAN CEPAT SAJI / FAST FOOD RESTAURANTS (Studi kasus dalam berbelanja makanan cepat saji / fast food: Mc Donald, KFC, A&W, Pizza Hut, Burger King, Hitz) https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/27 <p align="justify">In the current era of globalization and the economic conditions in which the Indonesian economy is quite good with the rate of GDP continuing to increase, the pattern of life is also changing, everything is fast-paced, including the pattern of buying food for everyday life. The trend of eating out is also increasing, one of which is fast food. Bisnis.com even mentions that the growth of this industry averages 10-15% per year (quoted from the Deputy Chairperson of the Indonesian Hotel and Restaurant Association, Sudrajat). Increasing industrial growth causes companies to be required to face intense competition. Each of these sectors must show the added value that exists in their respective companies both in terms of brand image, quality and service to make customers satisfied. Quality products, value and satisfaction for customers and of course competitive prices will be one of the main factors to win the competition in the market. Customer purchasing decisions are related to the psychological aspects of product ownership where this is driven by customer functional satisfaction with the function of the product and emotional needs (Consoli, 2009). These psychological aspects include perceptions, motivations, and attitudes that affect consumer responses to marketing stimuli. Other studies also mention that respondents agree that psychological factors can influence consumers in shopping (Yolanda &amp; Herwinda, 2017). Based on the description above, brand image and purchase motivation are considered to influence the decision to buy products, especially in fast food restaurants. Referring to the description, the author tries to do research on "The influence of brand image and purchase motivation, on purchasing decisions at fast food restaurants / fast food restaurants". Based on the title above, the authors identify the following problems: How does the influence of brand image on the decision to buy by customers at fast food restaurants? How is the influence of purchase motivation on the customer's decision to buy at a fast food restaurant? How do purchasing decisions affect millennial generation customer satisfaction in the marketplace? The results showed that: Partially there is an influence of Brand Image on Purchase Decisions, Partially there is an influence of Purchase Motivation on Purchase Decisions, and Simultaneously there is an influence of Brand Image and Purchase Motivation on Purchase Decisions.</p> Karya Bakti Kaban, Chairullah, Edison P Sirait Copyright (c) 2022 Author https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/27 Tue, 15 Nov 2022 00:00:00 +0000 EVALUASI PENERAPAN TRANSFER PRICING PT ABC https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/28 <p align="justify">Tax Avoidance is a phenomenon that has existed since Taxes were known. One of the most commonly used mechanisms is Transfer Pricing. Transfer Pricing itself is something that is not prohibited by law. However, due to the company's competitive competition, Transfer Pricing is connoted as something negative or an abuse of Transfer Pricing, so that in Indonesia itself has made Transfer Pricing Documentation, to find out whether the application of Transfer Pricing transactions is in accordance with the fairness and business practice or not. The purpose of this study is to find out how to evaluate, apply the Transfer Pricing method according to the Regulation of the Directorate General of Taxes No.32/PJ/2011. The research methodology is a literature study by studying written materials and field studies. The results of this study indicate that PT. ABC applies the transfer price in accordance with Perdirjen No.32/PJ/2011</p> Riko Sutriyadi, Yopy Ratna Dewanti, Istna Fibriyadi Copyright (c) 2022 Author https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/28 Tue, 15 Nov 2022 00:00:00 +0000 PENGARUH PENGGUNAAN LMS DAN KURIKULUM BERBASIS SKKNI TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MENGGUNAKAN PEMODELAN TAM https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/29 <p align="justify"><em>E-Learning</em> merupakan model pembelajaran yang memanfaatkan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi. &nbsp;<em>E-learning </em>dapat berperan sebagai media yang menyediakan interaksi antara dosen dan mahasiswa serta sebagai sarana untuk mengefisiensikan evaluasi pembelajaran. <em>Learning Management System </em>(LMS) merupakan salah satu dari empat bentuk <em>e-learning</em>. LMS merupakan jenis e-learning yang dapat memprosesan, penyimpanan, penyebarluasan bahan pembelajaran dan mendukung administrasi serta sebagai sarana komunikasi yang terkait proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor model <em>Technology Acceptance Model </em>(TAM), yaitu <em>Perceived Ease of Use </em>(PEOU), <em>Perceived Usefulness </em>(PU), <em>Attitude Towards Using </em>(ATU), terhadap <em>Behavioral Intention to Use </em>(BIU) pada penerimaan <em>Learning Management System </em>(LMS). Pada penelitian ini digunakan metode analisis deskriptif dan verifikatif. &nbsp;Sembilan puluh mahasiswa Politeknik LP3I Jakarta&nbsp;&nbsp; kampus Kramat yang menggunakan LMS menjadi sampel penelitian ini. Penelitian ini berhasil menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada faktor -faktor TAM yaitu PEOU, PU, ATU dan BIU.</p> Nasril, Sari Prabandari, Muhammad Yasin Copyright (c) 2022 Author https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/29 Tue, 15 Nov 2022 00:00:00 +0000 MEDIA PROMOSI SEBAGAI PEMBENTUK PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP CITRA MERK (STUDI DESKRIPTIF PADA RESTORAN CEPAT SAJI DI JAKARTA) https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/30 <p align="justify">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis mengenai bagaimana Media Promosi sebagai pembentuk persepsi konsumen terhadap citra merek pada restoran cepat saji ( Mc.Donald, KFC dan Pizza Hut). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif &nbsp;deskriptif eksplorasi dengan beberapa data yang dipresentasikan dalam bentuk statistik deskriptif sederhana. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan ukuran sampel sebanyak 166 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Promosi yang dilakukan oleh Restoran Cepat Saji paling banyak dilakukan dalam bentuk memberikan potongan harga di Pizza Hut sebanyak 27% dan Mc Donald sebanyak 24%. Persepsi konsumen terhadap Restoran Cepat karena sudah terbukti kualitasnya dibanding dengan Restoran Cepat Saji lainnya sebesar 56%. Sedangakan citra merek Restoran Cepat Saji termasuk dalam 67 % dianggap sangat terkenal oleh konsumen dan 61 % karena mudah diingat oleh konsumen. Adapun saran yang dapat diberikan adalah membuat promosi dengan media digital atau media sosial agar dapat lebih membuat penasaran, membuat inovasi produk yang lebih banyak, serta meneliti faktor-faktor lain yang membuat persepsi konsumen dan citra merek dapat lebih meningkat.</p> Badriyah, Nurul Giswi Karomah, Ade Windiana Argina Copyright (c) 2022 Author https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/30 Tue, 15 Nov 2022 00:00:00 +0000 PENGUNGKAPAN LINGKUNGAN, KINERJA LINGKUNGAN, BIAYA LINGKUNGAN DAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGS) DI INDONESIA https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/31 <p align="justify">Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan lingkungan, kinerja lingkungan dan biaya lingkungan terhadap pencapaian SDGs di Indonesia. Pengungkapan lingkungan diukur dengan menggunakan indeks pengungkapan lingkungan berdasarkan <em>Global Reporting</em> <em>Initiative</em> (GRI) 4.0. Kinerja lingkungan diukur menggunakan PROPER dari Kementerian Lingkungan Hidup. Dari penelitian Camilia (2016), formula referensi digunakan untuk mengukur biaya lingkungan. Berdasarkan pedoman pelaporan lingkungan CDP dan GRI, analisis konten digunakan untuk mengukur Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Data sekunder berupa <em>sustainability report</em> perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2017 hingga 2021 digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode <em>purposive sampling</em> dan menggunakan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebagai sampel. Ada total 72 perusahaan dalam sampel. Analisis regresi linier berganda digunakan dalam penelitian ini. Menurut temuan penelitian ini, upaya pencapaian SDGs secara signifikan dan positif dipengaruhi oleh pengungkapan lingkungan. Upaya terkait SDG tidak terpengaruh oleh kinerja lingkungan atau biaya lingkungan. Tingkat kepedulian perusahaan terhadap lingkungan dan upayanya untuk mencapai Tujuan pilar pembangunan lingkungan SDGs dapat diukur dengan pengungkapan informasi lingkungan. Namun, perusahaan pertambangan masih memiliki tingkat pengungkapan lingkungan yang rendah. Mayoritas bisnis belum berbuat cukup untuk melindungi lingkungan. Selain itu, kinerja lingkungan perusahaan turun pendek dari tujuan pilar pembangunan lingkungan SDGs. Dalam upayanya untuk mendukung pencapaian tujuan SDG pilar pembangunan lingkungan, perusahaan masih mengeluarkan biaya lingkungan yang sangat sedikit.</p> Marista Winanti Sutadipraja, Iwan Setiadi Copyright (c) 2022 Author https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/31 Tue, 15 Nov 2022 00:00:00 +0000 PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD), DAN DANA ALOKASI KHUSUS (DAK) TERHADAP ALOKASI BELANJA MODAL https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/32 <p align="justify">Riset ini dilakukan guna mengetahui: 1) Pengaruh Pendapatan Asli Daerah terhadap Belanja Modal di Kota Cimahi. 2) Pengaruh Dana Alokasi Khusus terhadap Belanja Modal di Kota Cimahi. 3) Pengaruh Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi Khusus secara bersama-sama terhadap Belanja Modal di Kota Cimahi. Pada riset ini populasi yang digunakan adalah Laporan Keuangan APBD Pemerintah Provinsi Kota Cimahi tahun 2011-2020, serta sampel yang dipakai berlandaskan pada teknik nonprobability sampling dan metode pengambilan sampel dengan menggunakan sampling jenuh. Metode kuantitatif digunakan pada riset ini dengan menggunakan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Analisis regresi linear berganda digunakan untuk metode analisis data. Bersumber pada hasil riset membuktikan bahwa secara simultan ada pengaruh yang signifikan antara Pendapatan Asli Daerah dan dana aloksi khusus terhadap belanja modal pada Pemerintah Kota Cimahi tahun 2011-2020. Tigginya pengaruh &nbsp;variabel tersebut terhadap Belanja modal dipengaruhi oleh variabel lain diluar riset. Hasil riset secara parsial menunjukkan bahwa Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi khusus berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap belanja modal pada Pemerintah Kota Cimahi tahun 2011-2020.</p> Vania Rakhmadhani, Lilis Saidah Napisah Copyright (c) 2022 Author https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/32 Fri, 16 Dec 2022 00:00:00 +0000 ANALISIS PEMANFAATAN DIGITAL KONTEN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PROSES PEMASARAN PRODUK https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/33 <p align="justify">Dunia sosial media di Indonesia yang mengalami perkembangan pesat hingga menjadi aplikasi Tiktok sebagai produk budaya. Sebagian anggota masyarakat memunculkan kreativitasnya di media sosial Tiktok. Bahkan kemudian aktivitas bisnis juga mulai menggunakan aplikasi Tiktok sebagai salah satu pendekatan promosional. Hal ini dibuktikan oleh banyaknya iklan yang mulai bermunculan serta online shop yang mulai memasarkan produknya melalui konten Tiktok. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis pemanfaatan digital konten media sosial tiktok dalam proses pemasaran produk di sebuah Toko Online shop. Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik sampling, yaitu Incidental, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 75 orang dari populasi masyarakat yang aktif berinteraksi melalui aplikasi TikTok. Data primer yang diperoleh melalui angket atau kuisioner dan observasi. Untuk menganalisis hasil penelitian digunakan analisis regresi linier sederhana dengan uji t menggunakan aplikasi SPSS. Berdasarkan pengujian hipotesis nilai t hitung variabel Media Sosial (X) adalah sebesar 1.550 &lt; t tabel 1.666, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis pertama ditolak dan Hipotesis kedua diterima. Artinya tidak terdapat pengaruh Media Sosial (X) terhadap Pemasaran (Y).</p> Susbiyantoro, Titim Nurlia, Dewi Dahlia Copyright (c) 2022 Author https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/33 Fri, 16 Dec 2022 00:00:00 +0000 ANALISIS MOTIVASI DAN IKLIM KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/34 <p align="justify">Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh Motivasi pada Kinerja Karyawan, pengaruh Iklim Kerja pada Kinerja Karyawan, pengaruh variabel Motivasi dan Iklim Kerja secara simultan terhadap Kinerja Karyawan Amik Sultan Agung. Penelitian ini dilakukan dari Juli - September 2022, dengan jenis penelitian eksplanatori yang juga bersifat korelasional, dengan metode survey menggunakan kuesioner dimana yang menjadi responden adalah karyawan Amik Sultan Agung. Populasi penelitian ini sebanyak 20 karyawan, seluruhnya dijadikan sebagai sampel. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan uji hipotesis, dimana hasil penelitian secara deskriptif variabel Motivasi, Iklim Kerja maupun Kinerja Karyawan berada dalam kategori mendekati setuju, artinya karyawan setuju bahwa AMIK Sultan Agung memenuhi indikator-indikator masing-masing variabel. Melalui Uji Hipotesis dimana hasil SPSS terhadap data pada tabel Anova dengan hipotesis (1) Motivasi berpengaruh terhadap Kinerja Karyawan, hipotesis (2) Iklim Kerja berpengaruh terhadap Kinerja Karyawan, Kemudian pada hipotesis (3) Motivasi dan Iklim Kerja secara simultan berpengaruh terhadap Kinerja Karyawan.</p> Aspizain Caniago Copyright (c) 2022 Author https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/34 Fri, 16 Dec 2022 00:00:00 +0000 RASA BANGGA MAHASISWA POLITEKNIK LP3I JAKARTA DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/36 <p align="Justify">Tujuan penelitian yang dilakukan di Politeknik LP3I Jakarta (PLJ) adalah untuk mengetahui seberapa besar rasa bangga mahasiswa program studi Public Relations kuliah di Politeknik LP3I Jakarta. Metodelogi Penelitiaan adalah penelitian <em>deskriptif,, </em>penelitian satu variabel rasa bangga,, pendekatan yang digunakan <em>m</em><em>etodologi penelitian kuantitatf </em>analisis data mengunakan metode statistik deskriptif.. Pengambilan data menggunakan instrument&nbsp; &nbsp;kuesioner&nbsp;&nbsp; dengan&nbsp; &nbsp;responden&nbsp; &nbsp;mahasiswa&nbsp; &nbsp;program&nbsp; &nbsp;studi&nbsp; &nbsp;Public Relations Politeknik LP3I Jakarta. didalamnya adalah pertanyaan tertutup pengukurannya menggunakan <em>skala Likert</em>. Dalam penelitian ini teknik <em>sampling </em>yang digunakan &nbsp;<em>Non Probability Sampling</em>, dengan teknik <em>Sampling Purposive, </em>yaitu menggunakan Teknik Sensus semua populasi menjadi sampel dan sampel yang diambil adalah mahasiswa Program Studi Public Relations Politeknik LP3I Jakarta Tahun Akademik 2020-2021 sebanyak &nbsp;30 orang. Hasil peneltian, dari hasil analisa data deskriptif &nbsp;terlihat, Mahasiswa menggunakan atribut / almamater dalam acara atau kegiatan tertentu mayoritas 18 orang atau 60% bersedia, dengan nilai 2.93 yang berarti cukup baik. Mahasiswa menjadi pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) sebanyak 15 orang atau 50% bersedia, dengan nilai 3,80 yang berarti &nbsp;cukup baik. Mahasiswa mengikuti kegiatan kemahasiswaan mayoritas 23 orang atau 76,66% bersedia dengan nilai 2,83 yang berarti cukup baik. Mahasiswa merekomendasikan&nbsp; &nbsp;teman&nbsp; &nbsp;dan&nbsp; &nbsp;saudara&nbsp; &nbsp;kuliah&nbsp; &nbsp;di&nbsp; &nbsp;Politeknik&nbsp; &nbsp;LP3I&nbsp;&nbsp; Jakarta mayoritas 17 orang atau 51% bersedia, dengan nilai 2,63 yang berarti cukup baik<strong>. </strong>Rata-rata nilai angka penafsiran 3.05 yang berarti cukup baik. Dapat disimpulkan bahwa &nbsp;rasa &nbsp;bangga &nbsp;mahasiswa &nbsp;Program &nbsp;Studi &nbsp;Public&nbsp; Relations &nbsp;kuliah &nbsp;di Politeknik LP3I Jakarta termasuk dalam kriteria cukup baik, rasa bangga dalam perspektif <em>Public Relations </em>berangkat dari kepuasaan, dalam penelitian ini kepuasan <em>external stakeholders</em>, yaitu pelanggan dalam hal ini adalah mahasiswa disimpulkan cukup baik.</p> Deny Sudrajat, Nurdin, Punkie Paramita Dewi Copyright (c) 2022 Author https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/36 Fri, 16 Dec 2022 00:00:00 +0000 ANALISIS PERBANDINGAN PENINGKATAN PENJUALAN TOKO DHARMA JAYA MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/35 <p align="justify">Tujuan penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui apakah pada Toko Daging Dharma Jaya yang memulai memasarkan dan menjual produknya di media sosial mengalami perubahan pada peningkatan penjualan, dan kira kira seberapa besar perubahan yang terjadi maka dari itu disini peneliti ingin melihat perbandingan penjualan pada toko daging dharma jaya sebelum dan sesudah menggunakan media sosial. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apakah penjualan dengan media sosial lebih baik daripada &nbsp;&nbsp;&nbsp;tanpa media sosial?, (2) Apakah penjualan dengan media sosial sangat efektif?, (3) Apakah penawaran produk atau jasa dengan media sosial lebih efisien?. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis menggunakan software NVIVO dan Deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Peningkatan penjualan yang terjadi di Toko Daging Dharma Jaya mengalami penurunan pada awal 2020 namun dapat di handle semaksimal mungkin dengan menggunakan media sosial, (2) Promosi menggunakan media sosial seperti Instagram, Tiktok dan <em>marketplace</em> lainya bisa memberikan dampak yang baik bagi penjualan Toko Daging Dharma Jaya, (3) Walau sudah cukup jelas pada data hasil nvivo menyatakan lebih banyak orang yang mengetahuisecara offline sebesar 63% dan secara online 37% namun ini angka yang baik bagi suatu perusahaan lama yang memulai memasarkan produknya secara online dimasa pandemi dan tekun mempelajari dunia maya</p> Donny Oktavian Syah, Muhammad Sultan Jordy Salman Copyright (c) 2022 Author https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/35 Fri, 16 Dec 2022 00:00:00 +0000 ANALISIS HARGA DAN KEPUASAN PELANGGAN TOKO ONLINE SHOPEE https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/37 <p align="justify">The research is motivated by the development of the times and the rise of&nbsp; e-commerce has helped change people’s lifestyles to become instantaneous because the majority of people have high mobility in their daily activities. Each company offers advantages to consumers so that they&nbsp; can continue to survive the more attractive, easy and profitable sales system so that they company’s sales system is important to pay attention to because the company’s sales system is inseparable from&nbsp; developments in technology and information. This study aims to determine the effect of price (X) on customer satisfaction (Y) at the online shop Shopee in the community in Jakarta. This type of research is used quantitative. In this study, data collection used the questionnaire method to 100 (one hundred) customer respondents for the online shop Shopee. The sample in the study was taken using the Non Probability Sampling technique to determine the respondent’s response to each variable. The data analysis method used is descriptive statistical analysis, validity test, reliability test, classical assumption test, simpel regression analysis and hypothesis testing. The results of this study indicate partially the price has a positive and significant effect on customer satisfaction in the community in Jakarta. The result of the coefficient of determinination (R²) in the R square column is 0.293. This means that 29.3% of customer satisfaction at Shopee’s online shop is influenced by price, while the reaming 70.7% of customers satisfaction is influenced by other unknown factors or variables and is not included in this regression.</p> Euis Winarti, Mujtabah Fatururrahman, Akhwanul Akhmal Copyright (c) 2022 Author https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://prosiding.lp3ijkt.ac.id/index.php/licovbitech/article/view/37 Tue, 07 Feb 2023 00:00:00 +0000