PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI PADA RESTORAN CEPAT SAJI DI JAKARTA

Authors

  • Eko Sugiyanto Politeknik LP3I Jakarta
  • Supadi Bambang Politeknik LP3I Jakarta
  • Susilo Wulandari Politeknik LP3I Jakarta

Keywords:

Kualitas Produk, Citra Merek, Minat beli

Abstract

Gaya hidup masyarakat yang semakin maju berpengaruh juga terhadap pola makan, dimana orang cenderung ingin segera mendapatkan menu makanan yang cepat, mudah dan praktis. Gaya hidup seperti itu saat ini sudah merambah untuk segala umur, baik anak-anak, remaja, dewasa bahkan orang tua.Peluang inilah yang kemudian melahirkan restoran cepat saji dalam memenuhi kebutuhan gaya hidup masyarakat terutama dalam hal makanan. Namun minat beli bagi seorang konsumen bisa di sebabkan oleh banyak faktor, dua antaranya adalah Kualitas produk dan citra merek. Kualitas produk yang baik sangat di harapkan oleh konsumen, demikian juga citra merek yang baik akan menjadi kebanggaan dan mungkin kepuasaan bagi konsumen manakala mengggunakan produk tersebut. Penelitian ini dilakukan adalah untuk melihat apakah ada pengaruh secara parsial variabel kualitas produk terhadap variabel minat beli, demikian juga apakah ada pengaruh citra merek terhadap minat beli konsumen restoran cepat saji. Penelitian yang  dilakukan juga untuk mengetahui apakah kedua variabel tersebut bisa secara simultan atau bersama-sama mempengaruhi konsumen dalam menumbuhkan minat beli produk restoran cepat saji. Berdasarkan Uji t, dimana Variabel X1 (kualitas produk) menghasilkan masing- masing skor 0,038 < 0,05 dan variabel X2 (Citra merek) menghasilkan skor 0,000<0,05 mengindikasikan kedua variabel tersebut secara parsial mempengaruhi minat beli. Berdasarkan Uji F menghasilkan skor 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa kedua variabel secara bersama-sama mempengaruhi minat beli .Hasil dari persamaan regresi berganda Y= 0.131 X1 + 0.264 X2 - 0.125, dihasilkan R Square sebesar 0,399 artinya terdapat kontribusi antara variabel Kualitas produk dan variabel Citra merek terhadap minat beli sebesar0,39%.

References

Bahriansyah,Rizky Amalina (2011), Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Ponsel Nokia (Studi Kasus Pada Masyarakat di Kota Semarang) ,Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro,Semarang

Kotler, Philip, 2005, Manajemen Pemasaran jilid 2, edisi kesebelas, Indeks, Jakarta. Kotler & Amstrong, (2008), Prinsip-prinsip pemasaran Jilid 1, edisi ketiga belas,

Jakarta, penerbit Erlangga, hal. 272

Laksmi, Aditya Ayu,(2016), Pengaruh Electronic Word of Mouth (e WOM) terhadap minat beli follower Instagram pada warung Upnormal, Jurnal Computech and Bisnis, Vol. 10, No.2 Desember 2016, Hal.78-88

Prasetya,Wibawa ,Jurnal Teknologi, Pengaruh Kualitas produk dan citra merek terhadap kepuasan konsumen dan minat beli ulang : Studi kasus pada produk EATLAH Jurnal Teknologi Volume 11, Nomor 2, Desember 2018, hal.92-100

Rizky, M. F. dan H. Yasin. 2014. Pengaruh promosi dan harga terhadap minat beli erumahan obama pt. nailah adi kurnia sei mencirim medan. Jurnal Manajemen & Bisnis. 14(2):135 – 143

Schiffman, L. G dan Kanuk, L. L. 2004. Perilaku Konsumen. Alih Bahasa Oleh Zoelkifli Kasip. Edisi Ketujuh. Indeks Gramedia, Jakarta.

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran, Teori & Implementasi. Yogyakarta: ANDI, hal 207

Sutisna. 2005, Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung

Tingkir, Cindy fransisca (2014), Pengaruh identitas merek terhadap loyalitas merek melalui citra merek dan kepercayaan merek Toyota, Jurnal manajemen pemasaran, Vol 8, No. 2, Oktober 2014, hal. 62 -69

Downloads

Published

03.11.2022