OPTIMALISASI EXAMVIEW DALAM PENGELOLAAN BANK SOAL SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN KETERAMPILAN GURU DI SMAN 107 JAKARTA

Authors

  • Kuswandi Politeknik LP3I Jakarta
  • Setiawan Politeknik LP3I Jakarta
  • Arifin Setiabudi Politeknik LP3I Jakarta

Keywords:

Bank Soal, LMS, ExamView, Moodle, Pengelolaan

Abstract

Perkembangan trend pendidikan dan pembelajaran era 4.0 yang memiliki berbagai karakteristik dapat diakomodir dengan penerapan online based learning atau sistem pembelajaran dalam jaringan (SPADA), untuk mengikuti perkembangan tersebut SMAN 107 berencana untuk menerapkan sistem pembelajaran berbasis LMS Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment (Moodle), Adapun tujuan diadakannya kegiatan pelatihan dan pendampingan ini yaitu agar para guru dapat mengembangkan keterampilan dalam hal pengeloaan bank soal untuk implementasi pembuatan soal pada LMS Moodle tersebut. Karena salah satu yang wajib dilakukan oleh guru dalam hal penerapan moodle tersebut adalah memberikan penilaian dan melakukan evaluasi terhadap hasil pembelajaran, seorang guru dituntut supaya dapat menghasilkan instrumen penilaian dan evaluasi yang baik, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan membuat soal untuk disimpan dan akan digunakan saat diperlukan. namun, pada saat ini dalam pembuatan nya rata-rata guru di SMAN 107 Jakarta masih menggunakan cara manual sehingga menimbulkan adanya beberapa permasalahan, diantaranya mereka kesulitan saat akan melakukan upload soal ke dalam menu bank soal. untuk mengatasi masalah tersebut tentunya membutuhkan suatu teknologi pengelolaan bank soal yang dapat memberikan kemudahan dalam manajemen instrumen penilaian. salah satunya adalah pembuatan soal dengan menggunakan software ExamView, adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui Observasi serta pengisian angket. hasil yang didapat adalah terselenggaranya kegiatan pelatihan dan pendampingan selama 2 hari dengan jumlah peserta sebanyak 40 orang dengan produk yang dihasilkan berupa bank soal, lembar soal, lembar jawaban, dan lembar kunci jawaban. hasil produk, setelah dilaksanakan pre-test diawal pertemuan kemudian post-test di akhir sesi menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru-guru dalam pengelolaan bank soal. adapun respon dari angket menunjukkan bahwa pelatihan yang dilaksanakan telah memberikan kemudahan bagi peserta dalam melakukan pengelolaan terhadap bank soal.

References

Astrini, D., & Elvira, M. (2016). Model Bank Soal Berbasis Web Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia (Jkpk), 1(3), 194-202.

Clark, R. C. & Mayer, R. E. 2003. E-learning and the Science of Instruction. San Francisco: Jossey – Bass/Pfeiffer.

Fadilah, D., Novia Karlinda, Musabihatul Kudsiah, , & Haifaturrahmah. (2021). Pengembangan Bank Soal Tematik Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Di Sekolah Dasar. Jipd (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 5(1), 6–11. Https://Doi.Org/10.36928/Jipd.V5i1.704

Indra , Mufti , Wiharto,Y., Aryasanti,A. , Gata, G. , Kusdiarto, D.(2022). Pembuatan dan Pengelolaan Bank Soal Menggunakan ExamView Di SMP Negeri 182. Jurnal JUCOSCO | Vol.2 | No.2 | Juli 2022 | Hal.105- 114 Online ISSN : 2774-9037

Santyadiputra, G.S. , Pradnyana,I. M. A. , Juniantari, M.(2019). Efektivitas Pengelolaan Bank Soal Berbasis Examview Bagi Guru-Guru Di Smk Negeri 1 Nusa Penida. Jurnal Widya Laksana, Vol. 8, No. 1, Januari 2019

Downloads

Published

03.11.2022