RASA BANGGA MAHASISWA POLITEKNIK LP3I JAKARTA DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS

Authors

  • Deny Sudrajat Politeknik LP3I Jakarta
  • Nurdin Politeknik LP3I Jakarta
  • Punkie Paramita Dewi Politeknik LP3I Jakarta

Keywords:

Manajemen, Public Relations, Perspektif, Rasa Bangga, Mahasiswa

Abstract

Tujuan penelitian yang dilakukan di Politeknik LP3I Jakarta (PLJ) adalah untuk mengetahui seberapa besar rasa bangga mahasiswa program studi Public Relations kuliah di Politeknik LP3I Jakarta. Metodelogi Penelitiaan adalah penelitian deskriptif,, penelitian satu variabel rasa bangga,, pendekatan yang digunakan metodologi penelitian kuantitatf analisis data mengunakan metode statistik deskriptif.. Pengambilan data menggunakan instrument   kuesioner   dengan   responden   mahasiswa   program   studi   Public Relations Politeknik LP3I Jakarta. didalamnya adalah pertanyaan tertutup pengukurannya menggunakan skala Likert. Dalam penelitian ini teknik sampling yang digunakan  Non Probability Sampling, dengan teknik Sampling Purposive, yaitu menggunakan Teknik Sensus semua populasi menjadi sampel dan sampel yang diambil adalah mahasiswa Program Studi Public Relations Politeknik LP3I Jakarta Tahun Akademik 2020-2021 sebanyak  30 orang. Hasil peneltian, dari hasil analisa data deskriptif  terlihat, Mahasiswa menggunakan atribut / almamater dalam acara atau kegiatan tertentu mayoritas 18 orang atau 60% bersedia, dengan nilai 2.93 yang berarti cukup baik. Mahasiswa menjadi pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) sebanyak 15 orang atau 50% bersedia, dengan nilai 3,80 yang berarti  cukup baik. Mahasiswa mengikuti kegiatan kemahasiswaan mayoritas 23 orang atau 76,66% bersedia dengan nilai 2,83 yang berarti cukup baik. Mahasiswa merekomendasikan   teman   dan   saudara   kuliah   di   Politeknik   LP3I   Jakarta mayoritas 17 orang atau 51% bersedia, dengan nilai 2,63 yang berarti cukup baik. Rata-rata nilai angka penafsiran 3.05 yang berarti cukup baik. Dapat disimpulkan bahwa  rasa  bangga  mahasiswa  Program  Studi  Public  Relations  kuliah  di Politeknik LP3I Jakarta termasuk dalam kriteria cukup baik, rasa bangga dalam perspektif Public Relations berangkat dari kepuasaan, dalam penelitian ini kepuasan external stakeholders, yaitu pelanggan dalam hal ini adalah mahasiswa disimpulkan cukup baik.

References

Arikunto, Suharsimi, 2004, Prosedur Penelitin Satu Pendekatan Praktek, Bumi Akasar, Jakarta.

Jefkins, frank, 2010, Public Relations, Erlangga, Jakarta,.

Kasali, Rhenald,2010.Manajemen Public Relations, Grafiti, Jakarta, Sireger, Bakri, 2000, Statistik Untuk Bisnis,, Andi, Yogyakarta,. Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung. http://gerbangpsikologi.blogspot.com (disarikan dari berbagai sumber) http://rimbaceloteh.blogspot.com/(disarikan dari berbagai sumber)

http://lib.unj.ac.id/tugasakhir/index.php?p=show_detail&id=42802 (disarikan dari berbagai sumber)

Downloads

Published

16.12.2022