RASA BANGGA MAHASISWA POLITEKNIK LP3I JAKARTA DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS
Keywords:
Manajemen, Public Relations, Perspektif, Rasa Bangga, MahasiswaAbstract
Tujuan penelitian yang dilakukan di Politeknik LP3I Jakarta (PLJ) adalah untuk mengetahui seberapa besar rasa bangga mahasiswa program studi Public Relations kuliah di Politeknik LP3I Jakarta. Metodelogi Penelitiaan adalah penelitian deskriptif,, penelitian satu variabel rasa bangga,, pendekatan yang digunakan metodologi penelitian kuantitatf analisis data mengunakan metode statistik deskriptif.. Pengambilan data menggunakan instrument kuesioner dengan responden mahasiswa program studi Public Relations Politeknik LP3I Jakarta. didalamnya adalah pertanyaan tertutup pengukurannya menggunakan skala Likert. Dalam penelitian ini teknik sampling yang digunakan Non Probability Sampling, dengan teknik Sampling Purposive, yaitu menggunakan Teknik Sensus semua populasi menjadi sampel dan sampel yang diambil adalah mahasiswa Program Studi Public Relations Politeknik LP3I Jakarta Tahun Akademik 2020-2021 sebanyak 30 orang. Hasil peneltian, dari hasil analisa data deskriptif terlihat, Mahasiswa menggunakan atribut / almamater dalam acara atau kegiatan tertentu mayoritas 18 orang atau 60% bersedia, dengan nilai 2.93 yang berarti cukup baik. Mahasiswa menjadi pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) sebanyak 15 orang atau 50% bersedia, dengan nilai 3,80 yang berarti cukup baik. Mahasiswa mengikuti kegiatan kemahasiswaan mayoritas 23 orang atau 76,66% bersedia dengan nilai 2,83 yang berarti cukup baik. Mahasiswa merekomendasikan teman dan saudara kuliah di Politeknik LP3I Jakarta mayoritas 17 orang atau 51% bersedia, dengan nilai 2,63 yang berarti cukup baik. Rata-rata nilai angka penafsiran 3.05 yang berarti cukup baik. Dapat disimpulkan bahwa rasa bangga mahasiswa Program Studi Public Relations kuliah di Politeknik LP3I Jakarta termasuk dalam kriteria cukup baik, rasa bangga dalam perspektif Public Relations berangkat dari kepuasaan, dalam penelitian ini kepuasan external stakeholders, yaitu pelanggan dalam hal ini adalah mahasiswa disimpulkan cukup baik.
References
Arikunto, Suharsimi, 2004, Prosedur Penelitin Satu Pendekatan Praktek, Bumi Akasar, Jakarta.
Jefkins, frank, 2010, Public Relations, Erlangga, Jakarta,.
Kasali, Rhenald,2010.Manajemen Public Relations, Grafiti, Jakarta, Sireger, Bakri, 2000, Statistik Untuk Bisnis,, Andi, Yogyakarta,. Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung. http://gerbangpsikologi.blogspot.com (disarikan dari berbagai sumber) http://rimbaceloteh.blogspot.com/(disarikan dari berbagai sumber)
http://lib.unj.ac.id/tugasakhir/index.php?p=show_detail&id=42802 (disarikan dari berbagai sumber)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Author
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.