ANALISIS PERBANDINGAN PENINGKATAN PENJUALAN TOKO DHARMA JAYA MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL
Keywords:
Digital Marketing, Media Sosial, Peningkatan Penjualan, Promosi, Market PlaceAbstract
Tujuan penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui apakah pada Toko Daging Dharma Jaya yang memulai memasarkan dan menjual produknya di media sosial mengalami perubahan pada peningkatan penjualan, dan kira kira seberapa besar perubahan yang terjadi maka dari itu disini peneliti ingin melihat perbandingan penjualan pada toko daging dharma jaya sebelum dan sesudah menggunakan media sosial. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apakah penjualan dengan media sosial lebih baik daripada tanpa media sosial?, (2) Apakah penjualan dengan media sosial sangat efektif?, (3) Apakah penawaran produk atau jasa dengan media sosial lebih efisien?. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis menggunakan software NVIVO dan Deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Peningkatan penjualan yang terjadi di Toko Daging Dharma Jaya mengalami penurunan pada awal 2020 namun dapat di handle semaksimal mungkin dengan menggunakan media sosial, (2) Promosi menggunakan media sosial seperti Instagram, Tiktok dan marketplace lainya bisa memberikan dampak yang baik bagi penjualan Toko Daging Dharma Jaya, (3) Walau sudah cukup jelas pada data hasil nvivo menyatakan lebih banyak orang yang mengetahuisecara offline sebesar 63% dan secara online 37% namun ini angka yang baik bagi suatu perusahaan lama yang memulai memasarkan produknya secara online dimasa pandemi dan tekun mempelajari dunia maya
References
Apriani, Risna (2014). Pengaruh Media Sosial Facebook pada siswa kelas IX di Madrasah Tsanawiyah RaudhatulMu’alimin Islamiyah Darul Abror Bekasi.12, Skrpsi-Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Bandur, Agustinus. (2019) Penelitian Kualitatif : Studi Multi-Disiplin Keilmuan Nvivo 12 Plus. Jakarta, Mitra Wacana Media.
Bandur, Agustinus.(2016) Penelitian Kualitatif : Metodologi, Desain, dan Teknik Analisis Data Dengan Nvivo 11 Plus. Jakarta, Mitra Wacana Media.
Dunia Pelajar. (2021). Pengertian Peningkatan Menurut Para Ahli. Link website: https://www.duniapelajar.com/2014/08/08/pengertian-peningkatan-menurut-para-ahli/ diakses September 2022.
Kaplan, Andreas M, dan Heenlein, Michael (2010). Users Of The World, Unite! The Challenges and Opportunities Of Social Media. Journal Business Horizons, Vol. 53(1), 59- 68.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management , 14th Edition. New Jersey: Pearson
Nickels, William, McHugh, Jim and McHugh, Susan (2018). Understanding Business. Jakarta: Salemba Empat.
Putra, Fauzi Dwi. (2017). Pengaruh Volume Penjualan dan Biaya Produksi Kalung Terhadap Laba Pada Hidayah Shop Kuta-Badung. Jurnal Pendidikan Ekonomi Udiksha, Vol. 9(2), 462-473.
Syah, Donny Oktavian, Lupiyoadi, Rambat., dan Tjiptadi, Adi.Pramudita (2016). Factors Affecting the Use of e-Commerce in Creative Industries: Empirical Evidences from SMEs in Jabodetabek-Indonesia. Jurnal Siasat Bisnis, Vol. 20(2), 143-160.
Syah, Donny Oktavian (2015). Entrepreneur Spirit: Business Case, Implementation, and Strategy. Yogyakarta: Deepublish.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Author
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.