ANALISIS MOTIVASI DAN IKLIM KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN

Authors

  • Aspizain Caniago Politeknik LP3I Jakarta

Keywords:

Motivasi, Iklim Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh Motivasi pada Kinerja Karyawan, pengaruh Iklim Kerja pada Kinerja Karyawan, pengaruh variabel Motivasi dan Iklim Kerja secara simultan terhadap Kinerja Karyawan Amik Sultan Agung. Penelitian ini dilakukan dari Juli - September 2022, dengan jenis penelitian eksplanatori yang juga bersifat korelasional, dengan metode survey menggunakan kuesioner dimana yang menjadi responden adalah karyawan Amik Sultan Agung. Populasi penelitian ini sebanyak 20 karyawan, seluruhnya dijadikan sebagai sampel. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan uji hipotesis, dimana hasil penelitian secara deskriptif variabel Motivasi, Iklim Kerja maupun Kinerja Karyawan berada dalam kategori mendekati setuju, artinya karyawan setuju bahwa AMIK Sultan Agung memenuhi indikator-indikator masing-masing variabel. Melalui Uji Hipotesis dimana hasil SPSS terhadap data pada tabel Anova dengan hipotesis (1) Motivasi berpengaruh terhadap Kinerja Karyawan, hipotesis (2) Iklim Kerja berpengaruh terhadap Kinerja Karyawan, Kemudian pada hipotesis (3) Motivasi dan Iklim Kerja secara simultan berpengaruh terhadap Kinerja Karyawan.

References

A.A. Anwar Prabu, M (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Adrianto et al. (2016). “Pengaruh Kinerja Pegawai Dan Sistem Pelayanan Terhadap Tingkat Kualitas Pelayanan Transportasi Udara”. Jurnal Administrasi Publik (JAP). Vol.3, No. 12. Halaman 2014-2020

Achmad Sujianto (2020), Jurnal Pengaruh Kemampuan Kerja Dan Kepercayaan Diri Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Dandelion Sahabat Sejati Surabaya, NBI: 1211408283 Fekom & Bisnis, Program Studi Manajemen, Untag 1945 Surabaya.

Adella Devi Hardiani Arik Prasetya (2018), Pengaruh Kepercayaan Organisasional & Kompetensi pada Kinerja Karyawan Melalui Motivasi Kerja (Studi Pada Karyawan PT. PLN Persero Distribusi Jawa Barat Area Bekasi) Fakultas Ilmu Administrasi Univеrsitas Brawijaya Malang.

Awaludin, Adam and Mahrani 2016. The Effect of Job Satisfaction, Integrity and and Motivation on Performance. The International Journal of Engineering & Sciences (IJES). Pada Vol.5. Halaman 47-52.

Aqib, Zainal. (2013). Model, Media dan strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Bintoro, & Daryanto. (2017). Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan (1st ed.). Yogyakarta: Gava Media

Budiman, N. P., Saerang, & Sendow, (2016). Pengaruh Kompetensi, Motivasi, & Disiplin Kerja pada Kinerja Karyawan. 4(4), 321–332.

Bungin, Burhan, Metodologi Penelitian, Penerbit Prenada Media Group, edisi pertama cetakan kelima, Januari 2010, ISBN 979-3465-82-4

Bowers, D. (1976), Systems of Organization, University of Michigan, Ann Arbor, MI.

Campbell, J.P., Dunnette, M.D., Lawler, E.E. and Weick, K.E. (1970), Managerial Behaviour, Performance and Effectiveness, McGraw-Hill, New York, NY.

Darmawan, D. H. (2013). Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi. Surabaya: Pena Semesta.

Donni Junni Priansa. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta

Dess, Gregory R., dan G.T. Lumpkin. (2003). Strategic Management. International Edition.

Droge, C.& Vickrey, Shownee. (1994). Source and Outcomes of Competitive Advantage: An Explanory Study in The Furniture Industry. Decision Sciences, p.669- 689.

Erica, D., Suryani, I., Hoiriah, & Vidada, I. A. (2020). Pengaruh Motivasi pada Kinerja Karyawan PT Aneka Gas Industri Tbk. Jurnal Ecodemica, Vol. 4 No. 1 April 2020, IV(1), 53.

Erwin., Suhardi (2020), Pengaruh Motivasi & Pelatihan, pada Kinerja Karyawan PT Wonder Trend Indonesia, Program Studi Manajemen, Universitas Putera Batam. Jurnal EMBA No.3 Juli, Vol.8 2020, Hal. 144 -153.

Fahmi, Irham. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Alfabeta

Field, G.R. and Ableson, M.A. (1982), ``Climate: a reconceptualization and proposed model'', Human Relations, Vol. 35 No. 3, pp. 191- 201.

Hamali, Arif Yusuf. (2018). Pemahaman Manajemen SDM. Jakarta: PT. Buku Seru

Handoko, TH, (2008). Manajemen Personalia dan SDM. Edisi 2. Yogyakarta: BPFE

Hadiyati, Ernani. (2011). Kreativitas dan Inovasi Berpengaruh Terhadap Kewirausahaan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen dan Kewirausahan Vol 13, 8-16. Diakses dari: http: // ced.petra.ac.id /index. php/ man/ article/ view/ 18240

Hasibuan, Malayu. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara

Herman, H. (2017). Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Torindo Internusa Batam. 5.

Jasfar, Farida. (2012). 9 Kunci Keberhasilan Bisnis Jasa. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Kasmir,(2016).Manajemen SDM (teori dan praktek), depok: Rajagrafindo Persada

Kevin Putra Mahendra dan Ratih Indriyani (2018), Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Cv Mitra Perkasa Utomo,

Kusdi,DR “Teori Organisasi dan Administrasi”, (2009), Penerbit Salemba Humanika, Jakarta,. ISBN 978-602-8555-06-7

Lidia Lusri dan Hotlan Siagian, (2017), Pengaruh Motivasi Kerja Thd Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Mediasi Pada Karyawan Pt. Borwita Citra Prima Surabaya, Agora Vol. 5, No. 1,

Lim, B. (1995). “Examining the Organizational Culture and Organizational Performance link”, Journal of Leadership and Organizational Leadership, 16(5) : 16-21.

Mangkunegara. (2017). “Evaluasi Kinerja SDM”, Bandung : PT. Refika Aditama

Ma’ruf dan Ummul C (2020), Jurnal Pengaruh Motivasi Kerja Thd Kinerja Karyawan Pada PT. Nirha Jaya Tehnik Makassar, ummul@umma.ac.id Universitas Muslim Maros Volume 2 No. 1, Juni 2020 https://ejournals.umma.ac.id/index.php/brand ISSN : 2715-492

Miner, B. John, 1980, Theories of Organizational Behavior, Ilionois: The Dryden Press.

Murtiyoko, H. (2018). Pengaruh Kompensasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. 1(4), 117–128.

Moeheriono. (2012). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Natalia Susanto (2019), Jurnal Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Divisi Penjualan Pt Rembaka. Agora, No. 1, Vol. 7, (2019) Program Manajemen Bisnis, Prodi Manajemen, Fekom, UK Petra Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya.

Pradhan, Rabindra K., & Jena, Lalatendu K. 2017. “Employee Performance at Workplace: Conceptual Model and Empirical Validation. Business Perspectives and Research”, 5(1), 69–85. https://doi.org/10.1177/2278533716671630

Robbins, Stephen P. (1996). Perilaku organisasi: konsep, kontroversi, aplikasi (Hadyana Pujaatmaka, Penerjemah). Jakarta: Prenhallindo;.

Sasongko . 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kinerja Karyawan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Study Pada Universitas Muhammadiyah Surakarta). Jurnal

Satriani, Nasharudddin, Sodik,(2020) Analisis Motivasi & Lingkungan Kerja Serta Gaya Kepemimpinan Thd Kinerja Pegawai Pada Badan Pemberdayaan Masyarakat & Pemerintah Desa Kabupaten Konawe, Jurnal Ilmu Manajemen Volume 6, Nomor 1, Maret 2020, Program Pascasarjana Universitas Widyagama Malang

Sedarmayanti. (2017). Perencanaan dan Pengembangan SDM. Bandung: PT. Refika Aditama

Siagian,. Cahyono, Hotlan., (2014), Analisis Website Quality, Trust, dan Loyalty Online Shop, Jurnal Manajemen Pemasaran Vol 8.

Siswadhi. (2016),. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan & Kinerja Karyawan BPN Kabupaten Kerinci Thd Kepuasan Masyarakat”.

Sherlie dan Hikmah, (2020), Jurnal Pengaruh Motivasi, Disiplin Kerja & Kompensasi Thd Kinerja Karyawan Pada PT Benwin Indonesia Kota Batam, Universitas Putera Batam.

Sofyan Yamin dan Heri Kurniawan. (2014). “SPSS Complete”. Edisi kedua. Jakarta: Penerbit Salemba Infotek.

Sugiyono. (2013). “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung: Alfabeta.

Sudaryo, Yoyo, Aribowo, Agus. & Sofianti, Nunung A. 2018. Manajemen SDM: Kompensasi Tidak Langsung & Lingkungan Kerja Fisik, Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

16.12.2022