ANALISIS PEMANFAATAN DIGITAL KONTEN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PROSES PEMASARAN PRODUK
Keywords:
Digital konten, Tik Tok Pemasaran Produk, Online ShopAbstract
Dunia sosial media di Indonesia yang mengalami perkembangan pesat hingga menjadi aplikasi Tiktok sebagai produk budaya. Sebagian anggota masyarakat memunculkan kreativitasnya di media sosial Tiktok. Bahkan kemudian aktivitas bisnis juga mulai menggunakan aplikasi Tiktok sebagai salah satu pendekatan promosional. Hal ini dibuktikan oleh banyaknya iklan yang mulai bermunculan serta online shop yang mulai memasarkan produknya melalui konten Tiktok. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis pemanfaatan digital konten media sosial tiktok dalam proses pemasaran produk di sebuah Toko Online shop. Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik sampling, yaitu Incidental, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 75 orang dari populasi masyarakat yang aktif berinteraksi melalui aplikasi TikTok. Data primer yang diperoleh melalui angket atau kuisioner dan observasi. Untuk menganalisis hasil penelitian digunakan analisis regresi linier sederhana dengan uji t menggunakan aplikasi SPSS. Berdasarkan pengujian hipotesis nilai t hitung variabel Media Sosial (X) adalah sebesar 1.550 < t tabel 1.666, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis pertama ditolak dan Hipotesis kedua diterima. Artinya tidak terdapat pengaruh Media Sosial (X) terhadap Pemasaran (Y).
References
Andayani, Ni Luh Henny. (2017). Manajemen Pemasaran Pariwisata. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ayuni, Q., Cangara, H., & Arianto, A. (2019). The Influence of Digital Media Use on Sales Level of Culinary Package Product Among Female Entrepreneur. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 23(2). https://doi.org/10.33299/jpkop.23.2.2382
Carr, C., & Hayes, R. (2015). Social Media: Defining, Developing, and Divining. Atlantic Journal of Communication, 1, 1–12.
Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu – Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65–71. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khasanah/article/view/10132
Ghozali, Imam, (2018). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Pragram IBM SPSS 25 Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Gunelius, S. (2018). Ultimate Guide to Email Marketing for Business. Entrepreneur Press.
Kotler, Philip, and Garry Amstrong, (2017). Prinsip – Prinsip Pemasaran Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., Kertajaya, H., dan Setiawan, Iwan (2020). Marketing 4.0, Bergerak dari Tradisional ke Digital. Jakarta: Gramedia.
Nasrullah, R. (2017). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, Sosioteknologi, Cetakan Ketiga. Bandung; Simbiosa Rekatama Media.
Oktavia, R. A. (2021). Pemanfaatan Digital Content Media Sosial Tiktok Dalam Proses Pemasaran Produk. EAS Technopreneurship, 1–9.
Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, Wiratna. (2015) Statistik Untuk Bisns dan Ekonomi. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Stanton, W. (2016). Prinsip Pemasaran. Erlangga.
Tjiptono, Fandy, (2020). Strategi Pemasaran: Prinsip dan Penerapan. Jogjakarta: Andi Offset.
Widodo, S. (2019). Peran Internet Dalam Meningkatkan Pekerja Lepas Di Indonesia. NYIMAK : Journal Of Communication, 3, 97–202.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Author
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.