MEDIA PROMOSI SEBAGAI PEMBENTUK PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP CITRA MERK (STUDI DESKRIPTIF PADA RESTORAN CEPAT SAJI DI JAKARTA)
Keywords:
Media Promosi, Persepsi Konsumen, Citra MerekAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis mengenai bagaimana Media Promosi sebagai pembentuk persepsi konsumen terhadap citra merek pada restoran cepat saji ( Mc.Donald, KFC dan Pizza Hut). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif eksplorasi dengan beberapa data yang dipresentasikan dalam bentuk statistik deskriptif sederhana. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan ukuran sampel sebanyak 166 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Promosi yang dilakukan oleh Restoran Cepat Saji paling banyak dilakukan dalam bentuk memberikan potongan harga di Pizza Hut sebanyak 27% dan Mc Donald sebanyak 24%. Persepsi konsumen terhadap Restoran Cepat karena sudah terbukti kualitasnya dibanding dengan Restoran Cepat Saji lainnya sebesar 56%. Sedangakan citra merek Restoran Cepat Saji termasuk dalam 67 % dianggap sangat terkenal oleh konsumen dan 61 % karena mudah diingat oleh konsumen. Adapun saran yang dapat diberikan adalah membuat promosi dengan media digital atau media sosial agar dapat lebih membuat penasaran, membuat inovasi produk yang lebih banyak, serta meneliti faktor-faktor lain yang membuat persepsi konsumen dan citra merek dapat lebih meningkat.
References
Dinda Sekar Puspitarini, , Reni Nuraeni, Juni 2019.Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi, (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House),, Jurnal Common | Volume 3 Nomor 1 |, http://ojs.unikom.ac.id/index.php/common/article/view/1950/1307
Nabilla, Ahmad Rifani Vol 4, No.1, Maret 2022. Pengaruh Media Promosi Instagram Dan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Ukm Doctor Fashion Di Kota Banjarmasin), Jurnal Sains Manajemen Dan Kewirausahaan,
Agi Rosyadi. 2018. Pengaruh Iklan Televisi dan Persepsi Konsumen terhadap Citra Merek Teh Botol Sosro. Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi. https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/performa/article/view/3623
Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.
Eko dkk (2021), MEDIA SOSIAL BROADCAST SEBAGAI MULTIMEDIA TERINTEGRASI INDUSTRI KREATIF BAGI DIGITAL NATIVE GENERASI Z . Jurnal Lentera Bisnis. DOI: 10.34127/jrlab.v10i1.403. Volume 10, Nomor 1, Mei 2021. ISSN Cetak 2252-9993, ISSN Online 2598-618X
Nurul Giswi Karomah dkk (2022). PENGARUH CITRA MERK, MOTIVASI DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN GENERASI MILENIAL PADA MARKETPLACE (studi kasus generasi milenial dalam berbelanja online di marketcplace: Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada). JURNAL JIMEK Vol 2 No. 2 (Juli 2022) – E-ISSN : 2809-9427 P-ISSN : 2809-9893
Ria Estiana dkk (2021), EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PADA UMKM DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) CITARUM, KARAWANG. Jurnal Lentera Bisnis. DOI: 10.34127/jrlab.v10i1.395. Volume 10, Nomor 1, Mei 2021, ISSN Cetak 2252-9993, ISSN Online 2598-618X
Rangkuti . 2009. Strategi Promosi.
Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sopiah. 2008. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Virginita Daulay. 2014. Skripsi. PERSEPSI KONSUMEN DALAM MEMILIH MAKANAN CEPAT SAJI (Studi di Restoran Cepat Saji KFC Suprapto Kota Bengkulu) http://repository.unib.ac.id/9194/2/I%2CII%2CIII%2CI-14-vir-FS.pdf
Nani, Badriyah, R. Arynati Ratnawati, Effects of Product Quality, Price and Brand Image onthe Purchasing Decisions of Nike Products, Jurnal Mantik, 5 (4) (2022) 2607-2611, E-ISSN 2685-4236
Yoeliastuti, Retno Widowati, Badriyah, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Tiket Online Pada Traveloka Jurnal Abiwara Vol 3 , No. 2, Maret 2022, E-ISSN 2622 - 0253
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Author
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.