PENGARUH PENGGUNAAN LMS DAN KURIKULUM BERBASIS SKKNI TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MENGGUNAKAN PEMODELAN TAM
Keywords:
TAM, E-Learning, SKKNIAbstract
E-Learning merupakan model pembelajaran yang memanfaatkan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi. E-learning dapat berperan sebagai media yang menyediakan interaksi antara dosen dan mahasiswa serta sebagai sarana untuk mengefisiensikan evaluasi pembelajaran. Learning Management System (LMS) merupakan salah satu dari empat bentuk e-learning. LMS merupakan jenis e-learning yang dapat memprosesan, penyimpanan, penyebarluasan bahan pembelajaran dan mendukung administrasi serta sebagai sarana komunikasi yang terkait proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor model Technology Acceptance Model (TAM), yaitu Perceived Ease of Use (PEOU), Perceived Usefulness (PU), Attitude Towards Using (ATU), terhadap Behavioral Intention to Use (BIU) pada penerimaan Learning Management System (LMS). Pada penelitian ini digunakan metode analisis deskriptif dan verifikatif. Sembilan puluh mahasiswa Politeknik LP3I Jakarta kampus Kramat yang menggunakan LMS menjadi sampel penelitian ini. Penelitian ini berhasil menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada faktor -faktor TAM yaitu PEOU, PU, ATU dan BIU.
References
Adi Guna Permana, Putu. (2018) Penerapan Metode TAM (Technology Acceptance Model) dalam Implementasi Sistem Informasi Bazzar Banjar. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi – Volume 10 No 1 (speed.web.id) http://eresearch.stikombali.ac.id/admin/files/publikasi_files/b27e9f9c7560a7d115f4daf072776428.pdf diakses tanggal 10 September pukul 09.15 WIB
Alharbi, Saleh and Drew, Steve. (2014). Using the Technology Acceptance Model in Understanding Academics’ Behavioural Intention to Use Learning Management Systems. IJACSA) International Journal of Advanced Computer Science and Applications,Vol. 5, No. 1, (PDF) Using the Technology Acceptance Model in Understanding Academics’ Behavioural Intention to Use Learning Management Systems (researchgate.net) diakses tanggal 11
September 2022 pukul 13.20 WIB
Allen, Michael. 2013. Michael Allen’s Guide to E-learning. Canada : John Wiley & Sons. Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of
Information Technology. MIS quarterly, 319- 340.
Effendi, Empy and Zhuang Hartono. (2005). E-learning : Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta : Penerbit Andi
Fishbein, M. & Ajzen, I. (1975). Belief, attitude, intention and behaviour: An introduction to theory and research, Addison-Wesley.
Jogiyanto, H. M. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Liu, S., Liao, H. and Pratt, J.A. (2009) Impact of Media Richness and Flow on E-Learning Technology Acceptance. Computers & Education, 52, 599-607. http://dx.doi.org/10.1016/j.compedu.2008.11.002 diakses tanggal 11 September 2022 jam 10.05 WIB
OJK Institute https://www.ojk.go.id/ diakses tanggal 13 September 2022 jam 10.36 WIB
PENGGUNAAN TAM ( TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL ) UNTUK KEPERLUAN PENELITIAN – School of Information Systems (binus.ac.id)
Park, S. Y. (2009). An Analysis of the Technology Acceptance Model in Understanding University Students' Behavioral Intention to Use e-Learning. Educational Technology & Society, 12 (3), 150–162. (PDF) An Analysis of the Technology Acceptance Model in Understanding University Students' Behavioral Intention to Use e-Learning (researchgate.net) diakses tanggal 9 September 2022 pukul 16.15 WIB
Sugiyono, P. Dr. (2008). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta
Tangke, N. (2005). Analisa Penerimaan Penerapan Teknik Audit Berbantuan Komputer (TABK) dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) Pada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 6, pp. 10-28.
Tentang SKKNI - Sejarah SKKNI (kemnaker.go.id) diakses tanggal 13 September 2022 jam 10.40 WIB
https://www.universitaspsikologi.com/2018/06/teori-motivasi-belajar-dan-konsep.html diakses tanggal 13 September 2022 jam 10.48 WIB
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Author
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.