PENGARUH PENGGUNAAN LMS DAN KURIKULUM BERBASIS SKKNI TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MENGGUNAKAN PEMODELAN TAM

Authors

  • Nasril Politeknik LP3I Jakarta
  • Sari Prabandari Politeknik LP3I Jakarta
  • Muhammad Yasin Politeknik LP3I Jakarta

Keywords:

TAM, E-Learning, SKKNI

Abstract

E-Learning merupakan model pembelajaran yang memanfaatkan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi.  E-learning dapat berperan sebagai media yang menyediakan interaksi antara dosen dan mahasiswa serta sebagai sarana untuk mengefisiensikan evaluasi pembelajaran. Learning Management System (LMS) merupakan salah satu dari empat bentuk e-learning. LMS merupakan jenis e-learning yang dapat memprosesan, penyimpanan, penyebarluasan bahan pembelajaran dan mendukung administrasi serta sebagai sarana komunikasi yang terkait proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor model Technology Acceptance Model (TAM), yaitu Perceived Ease of Use (PEOU), Perceived Usefulness (PU), Attitude Towards Using (ATU), terhadap Behavioral Intention to Use (BIU) pada penerimaan Learning Management System (LMS). Pada penelitian ini digunakan metode analisis deskriptif dan verifikatif.  Sembilan puluh mahasiswa Politeknik LP3I Jakarta   kampus Kramat yang menggunakan LMS menjadi sampel penelitian ini. Penelitian ini berhasil menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada faktor -faktor TAM yaitu PEOU, PU, ATU dan BIU.

References

Adi Guna Permana, Putu. (2018) Penerapan Metode TAM (Technology Acceptance Model) dalam Implementasi Sistem Informasi Bazzar Banjar. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi – Volume 10 No 1 (speed.web.id) http://eresearch.stikombali.ac.id/admin/files/publikasi_files/b27e9f9c7560a7d115f4daf072776428.pdf diakses tanggal 10 September pukul 09.15 WIB

Alharbi, Saleh and Drew, Steve. (2014). Using the Technology Acceptance Model in Understanding Academics’ Behavioural Intention to Use Learning Management Systems. IJACSA) International Journal of Advanced Computer Science and Applications,Vol. 5, No. 1, (PDF) Using the Technology Acceptance Model in Understanding Academics’ Behavioural Intention to Use Learning Management Systems (researchgate.net) diakses tanggal 11

September 2022 pukul 13.20 WIB

Allen, Michael. 2013. Michael Allen’s Guide to E-learning. Canada : John Wiley & Sons. Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of

Information Technology. MIS quarterly, 319- 340.

Effendi, Empy and Zhuang Hartono. (2005). E-learning : Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta : Penerbit Andi

Fishbein, M. & Ajzen, I. (1975). Belief, attitude, intention and behaviour: An introduction to theory and research, Addison-Wesley.

Jogiyanto, H. M. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Liu, S., Liao, H. and Pratt, J.A. (2009) Impact of Media Richness and Flow on E-Learning Technology Acceptance. Computers & Education, 52, 599-607. http://dx.doi.org/10.1016/j.compedu.2008.11.002 diakses tanggal 11 September 2022 jam 10.05 WIB

OJK Institute https://www.ojk.go.id/ diakses tanggal 13 September 2022 jam 10.36 WIB

PENGGUNAAN TAM ( TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL ) UNTUK KEPERLUAN PENELITIAN – School of Information Systems (binus.ac.id)

Park, S. Y. (2009). An Analysis of the Technology Acceptance Model in Understanding University Students' Behavioral Intention to Use e-Learning. Educational Technology & Society, 12 (3), 150–162. (PDF) An Analysis of the Technology Acceptance Model in Understanding University Students' Behavioral Intention to Use e-Learning (researchgate.net) diakses tanggal 9 September 2022 pukul 16.15 WIB

Sugiyono, P. Dr. (2008). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta

Tangke, N. (2005). Analisa Penerimaan Penerapan Teknik Audit Berbantuan Komputer (TABK) dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) Pada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 6, pp. 10-28.

Tentang SKKNI - Sejarah SKKNI (kemnaker.go.id) diakses tanggal 13 September 2022 jam 10.40 WIB

https://www.universitaspsikologi.com/2018/06/teori-motivasi-belajar-dan-konsep.html diakses tanggal 13 September 2022 jam 10.48 WIB

Downloads

Published

15.11.2022