STRATEGI PEMASARAN BABE BAKERY DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19

Authors

  • Fatimah Malini Lubis Politeknik LP3I Jakarta
  • Zahra Aulia Salsabila Politeknik LP3I Jakarta
  • Sisca Cletus Lamatokan Politeknik LP3I Jakarta

Keywords:

Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Pandemi Covid-19

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi pemasaran Babe Bakery dalam menghadapi pandemic Covid-19, serta kendala dan solusi yang dilakukan Babe Bakery di masa pandemi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara melakukan observasi, studi lapangan dan studi kepustakaan. Untuk mendapatkan   hasil  yang  sesuai   dengan   fenomena   lapangan,   peneliti   juga  melakukan wawancara terhadap informan yang berkaitan dengan tujuan penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, Baby Bakery melakukan strategi pemasaran 7P (Product, Price, Place, Promotion, Process,  People,  dan  Physical  Evidence). Selain itu, penelitian  menemukan  kendala yang terjadi dalam pemasaran Babe Bakery menghadapi pandemi Covid-19 yaitu adalah adanya keterbatasan pembeli atau pelanggan untuk keluar rumah, meningkatnya  harga bahan baku pembuatan roti sehingga berdampak pada kenaikan harga roti daya beli pun ikut menurun. Solusi dari kendala yang dihadapi yaitu melakukan beberapa hal diantaranya,  tidak hanya melakukan model bisnis konvensional  namun Babe Bakery juga menerapkan model bisnis digitalisasi, mengadakan potongan harga dalam rangka memperingati hari besar keagamaan atau nasional.

References

Ariyanto, Aris. et.el.(2021).” Strategi Pemasaran UMKM di Masa Pandemi”. Sumatra Barat: Insan Cendikia Mandiri.

Jauch, Lawrence R dan William Glueck F. (1999) Manajemen Strategis dan Kebijakan

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) tahun 2007

Lubis, F. M. (2021). Tantangan Cara Bekerja Pegawai di Masa Pandemi: (Studi Kasus: Perusahaan Minyak dan Gas Bumi). Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi - SANISTEK, 1(1), 22–25. Retrieved from https://prosiding.politeknikcendana.ac.id/index.php/sanistek/article/view/10

Perusahaan, Ed. 3. Jakarta: Erlangga, 1999

Tjiptono, Fandy. dan Gregorius Chandra (2017). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.

Utami, Betty Silfia Ayu (2021).” Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Sektor UMKM di Indonesia”. Dalam jurnal: economie.Vol.03. Surabaya: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam, Universitas Negeri Sunan Ampel.

Yulianti, Farida., Lamsah, dan Periyadi (2019). Manajemen Pemasaran.Yogyakarta: Deepublish.

Downloads

Published

15.11.2022