STRATEGI PEMASARAN BABE BAKERY DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19
Keywords:
Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Pandemi Covid-19Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi pemasaran Babe Bakery dalam menghadapi pandemic Covid-19, serta kendala dan solusi yang dilakukan Babe Bakery di masa pandemi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara melakukan observasi, studi lapangan dan studi kepustakaan. Untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan fenomena lapangan, peneliti juga melakukan wawancara terhadap informan yang berkaitan dengan tujuan penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, Baby Bakery melakukan strategi pemasaran 7P (Product, Price, Place, Promotion, Process, People, dan Physical Evidence). Selain itu, penelitian menemukan kendala yang terjadi dalam pemasaran Babe Bakery menghadapi pandemi Covid-19 yaitu adalah adanya keterbatasan pembeli atau pelanggan untuk keluar rumah, meningkatnya harga bahan baku pembuatan roti sehingga berdampak pada kenaikan harga roti daya beli pun ikut menurun. Solusi dari kendala yang dihadapi yaitu melakukan beberapa hal diantaranya, tidak hanya melakukan model bisnis konvensional namun Babe Bakery juga menerapkan model bisnis digitalisasi, mengadakan potongan harga dalam rangka memperingati hari besar keagamaan atau nasional.
References
Ariyanto, Aris. et.el.(2021).” Strategi Pemasaran UMKM di Masa Pandemi”. Sumatra Barat: Insan Cendikia Mandiri.
Jauch, Lawrence R dan William Glueck F. (1999) Manajemen Strategis dan Kebijakan
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) tahun 2007
Lubis, F. M. (2021). Tantangan Cara Bekerja Pegawai di Masa Pandemi: (Studi Kasus: Perusahaan Minyak dan Gas Bumi). Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi - SANISTEK, 1(1), 22–25. Retrieved from https://prosiding.politeknikcendana.ac.id/index.php/sanistek/article/view/10
Perusahaan, Ed. 3. Jakarta: Erlangga, 1999
Tjiptono, Fandy. dan Gregorius Chandra (2017). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.
Utami, Betty Silfia Ayu (2021).” Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Sektor UMKM di Indonesia”. Dalam jurnal: economie.Vol.03. Surabaya: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam, Universitas Negeri Sunan Ampel.
Yulianti, Farida., Lamsah, dan Periyadi (2019). Manajemen Pemasaran.Yogyakarta: Deepublish.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Author
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.