COVID-19 DAN DIGITALISASI PENDIDIKAN AKUNTANSI (Studi Empiris pada Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Kota Bandung)
Keywords:
Covid-19, Digitalisasi, Pendidikan AkuntansiAbstract
Permasalahan penelitian yang diangkat dalam penelitian ini adalah pandemi Covid-19 telah memberi dampak yang besar terhadap sektor pendidikan, khususnya bagi tenaga pengajar dan pelajar. Pada April 2020, UNESCO melaporkan bahwa sebanyak 189 negara menutup lembaga pendidikannya sehingga berdampak pada 1.542.412.000 pelajar atau 89,4% dari total pelajar yang terdaftar (UNESCO, 2020). Salah satu dampak yang paling berpengaruh terhadap sektor pendidikan adalah terkait dengan proses belajar mengajar. Hampir seluruh perguruan tinggi di dunia memutuskan untuk mengubah cara mengajarnya dari yang semula sistem tatap muka menjadi sistem pembelajaran jarak jauh. Tujuan penelitian ini adalah studi eksploratif, yaitu untuk mengetahui dampak pandemi Covid-19 terhadap digitalisasi pendidikan akuntansi pada perguruan tinggi negeri dan swasta di Kota Bandung. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh dosen akuntansi perguruan tinggi negeri dan swasta di Kota Bandung. Teknik sampling-nya adalah snowball sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diambil dari kuesioner, yang disebarkan kepada dosen akuntansi. Kuesioner dibagi menjadi 5 (lima) indikator, yaitu : (a) Dampak pandemi Covid-19 terhadap kinerja mahasiswa akuntansi; (b) Digitalisasi pendidikan akuntansi; (c) Self-efficacy dari pengajar; (d) Dampak pandemi Covid-19 terhadap waktu perkuliahan; dan (e) Dampak pandemi Covid-19 terhadap metode pembelajaran. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Tahapan metode penelitian dimulai dari peneliti mencoba untuk membangun suatu teori dengan mengumpulkan literatur-literatur untuk memperkuat hipotesis/preposisi. Setelah itu, peneliti menyebarkan kuesioner kepada dosen akuntansi dari perguruan tinggi negeri dan swasta di Kota Bandung. Terakhir, peneliti mengolah dan mendeskripsikan data hasil kuesioner, serta menyimpulkan hasil penelitian.
References
Al-Hadrami, A dan Morris, D. (2014). Accounting Student’s Performance in Web-Based Courses : The Case of The HashemiteUniversity of Jordan. World Review of Business Research, Vol.4, No.1, pp.19-35.
Bensaid, B dan Brahmini, T. (2020). Copping with Covid-19 : Higher Education in The
GCC Region. RII Forum, Athens, April 15-17.
Bolliger, D dan Waslik, O. (2009). Factors Influencing Faculty Satisfaction with Online Teaching and Learning in Higher Education. Distance Education, Vol.30, No.1, pp.103-116.
Heider, Fritz. (1958). The Psychology of Interpersonal Relations. Wiley : New York. Helfaya, A. (2018). Assessing The Use of Computer-Based Assessment-Feedback in Teaching Digital Accountants. Accounting Education, pp.1-31.
Horvitz, B.S., et.al. (2014). Examination of Faculty Self-Efficacy Related to Online
Teaching. Innovative Higher Education, Vol.40, No.4, pp-305-316.
Humphrey, R.L. and Beard, D.F. (2014). Faculty Perceptions of Online Homework Software in Accounting Education. Journal of Accounting Education, Vol32, No.3, pp.238-258.
Jia, D et.al. (2014). The Impact of Self-Efficacy and Perceived System Efficacy on Effectiveness of Virtual Training Systems. Behaviour and Information Technology, Vol.33, No.1, pp.16-35.
Nuryaman dan Christina, Veronica. (2015). Metodologi Penelitian Akuntansi dan Bisnis
: Teori dan Praktek. Ghalia Indonesia : Bogor.
Perhimpunan Pelajar Indonesia. (2020). Digitalisasi Pendidikan di Indonesia. http://www.ppidelft.net/2020/11/digitalisasi-pendidikan-di-indonesia/
Pierce, David W and Cheney, Carl D. (2004). Behavior Analysis and Learning. Lawrence
Erlbaum Associates, Inc. : New Jersey.
Sarea, Adel et.al. (2021). Covid-19 and Digitizing Accounting Education : Empirical
Evidence from GCC. PSU Research Review, Vol.5, No.1, pp.68-83.
Sekaran, Uma dan Bougie, Roger. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis : Pendekatan
Pengembangan- Keahlian. Salemba Empat : Jakarta Selatan.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta : Bandung.
Theophilus, Aguguom A. (2020). Covid-19 and Accounting Education in Sub-Sahara Africa. European Journal of Business, Economic and Accountancy, Vol.8, No.3, pp.1-11.
Tosi, et.al. (2000). Managing Organizational Behavior. Malden : Blackwell Business. UNESCO. (2020). Covid-19 Educational Disruption and Response. Available at :https://en.unesco.org/covid19/educationresponse
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Author
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.