PENGARUH PROMOSI DAN MOTIVASI PEMBELIAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RESTORAN CEPAT SAJI MC. DONALD

Authors

  • Yoeliastuti Politeknik LP3I Jakarta
  • Iis Kartini Politeknik LP3I Jakarta
  • Retno Widowati Politeknik LP3I Jakarta

Keywords:

promosi, motivasi pembelian, kepuasan konsumen

Abstract

Maraknya  bisnis  dibidang  kuliner  menjadikan  Mc.Donald’s  perlu  meningkatkan strategi   penjualannya.   Promosi   yang   gencar   dengan   mengedepankan   pelayanan   akan mendorong minat konsumen untuk melakukan pembelian dan menjadi loyal. Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi dan motivasi pembelian  terhadap  kepuasan  konsumen  pada  restoran  cepat  saji  Mc.  Donald.  Metode penelitian dilakukan melalui penyebaran kuesioner yang disebar kepada konsumen Mc. Donald yang  mengisi  angket  sejumlah  80  konsumen  dimana  sampelnya  diambil  secara  random. Adapun teknik analisis data melalui pengujian uji validitas, reliabilitas, uji T, uji F dan uji analisis regresi linier berganda. Adanya penghitungan hasil penelitian dilakukan secara kuantitatif dimana hasil sebaran kuesioner dihitung secara angka. Hasil uji diperoleh bahwa semua  data  valid  dan  reliabel  sehingga  dapat  dilakukan  pengujian.  Hasil  uji  parsial  (T) diperoleh nilai variabel promosi t hitung 1.857 < t tabel 1.994 dimana H1 ditolak sehingga tidak ada pengaruh antara promosi dengan kepuasan konsumen, sedangkan pengujian H2 diperoleh nilai t hitung 7.376 > t tabel 1.994 yang menyatakan ada pengaruh antara motivasi pembelian terhadap kepuasan konsumen. Secara simultan hasil  uji F terdapat pengaruh antara variabel X1 dan X2 secara bersama terhadap variabel Y yaitu F hitung 56.437 > F tabel 3.15. Nilai R square melalui uji koefiesien determinasi diperoleh nilai sebesar 0.594 yang berarti variabel  X1  dan  X2  mempengaruhi  variabel  Y  sebesar  59,4%.  Persamaan  regresi  linier berganda diperoleh nilai Variabel X1 menyebabkan adanya peningkatan terhadap variabel Y sebesar 0.081 sedangkan variabel X2 mempengaruhi variabel Y lebih dominan yaitu sebesar 0.661.

References

Alexander, Morissan, 2007. Periklanan Komunikasi Terpadu, Ramdina Prakasa, Jakarta.

Afifi, G. R. (2020). Pengaruh promosi penjualan terhadap keputusan pembelian produk narapidana lembaga pemasyarakatan kelas 1 Cirebon (Pas Mart). Jurnal Promosi - Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 8(1), 9–17.

Apriyani, D. A. (2017). ( Survei pada Konsumen The Little A Coffee Shop Sidoarjo ). 51(2), 1–7.

Ardy F. Mantik et.al. (2015). MOTIVASI DAN PERSEPSI KONSUMEN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KFC MEGAMALL MANADO. 3(1), 378–387.

Dewa Ayu Cistaning Astari/Catur Nugroho. (20189). MOTIVASI PEMBELIAN IMPULSIF ONLINE SHOPPING PADA INSTAGRAM. News.Ge, https://news.ge/anakliis-porti- aris-qveynis-momava.

Ditha, H. (2019). Promosi Dan Harga pada Kepuasan Pelanggan Restoran Fast Food.

Ekspektra : Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3, 25–38. https://doi.org/10.25139/ekt.v3i1.1431

Fajrina et. al. (2021). Analisis Motivasi Konsumen dalam Melakukan pembelian di Delicious Kitchen sebagai upaya perbaikan Strategi produk dan harga. 7(May), 1–14.

Kholik & Permatasari. (2018). Pengaruh motivasi pembelian dan gaya hidup konsumen terhadap keputusan pembelian di distro overtoun malang. 2015, 2–5.

Kurnia, M. (2018). Balance Vol. XV No. 1 | Januari 2018 KEPUASAN KONSUMEN: FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI. XV(1).

Putranto, A. T., Kumara, D., & Syahria, S. (2021). Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen. 5, 57–68.

SA, M., & Natsir, K. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Apartemen Mediterania Garden Residence Di Jakarta Barat. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 275. https://doi.org/10.24912/jmieb.v2i2.898

Setiawan, A., Qomariah, N., & Hermawan, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Popolo Coffee. Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 9(2), 114– 126. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/SMBI/article/view/2819/2206

Sulaeman, F. (2020). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT ADHI KARYA , TBK. 8(3), 65–78.

Winarti Ch.. Endah. (2015). Pengaruh Motivasi Konsumen,. Persepsi Kualitas, Sikap konsumen dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan Grand Livina di dealer pusat PT NISSAN MOTOR INDONESIA. Jl. MT Haryono Kav. 10 Jakarta Timur.2(3).

Solomon, Michael W. 2004. Consumer Behaviour: Buying, Having & Being, 6th Edition,Pearson-Prentice Hall, Inc. Engelwood Cliff., New Jersey.

Downloads

Published

15.11.2022