ANALISA PENGARUH KEPUASAN, KEPERCAYAAN, DAN KEMUDAHAN PELANGGAN MILENIAL TERHADAP CITRA MEREK MARKET PLACE SHOPEE SELAMA PANDEMI COVID-19 DI JABODETABEK

Authors

  • Evalina Politeknik LP3I Jakarta
  • Herawati Tardan Politeknik LP3I Jakarta

Keywords:

Pengaruh, kepuasan, kepercayaan, kemudahan, citra merek, Shopee

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam rangka menghadapi  bonus demografi yang akan dialami Indonesia pada beberapa tahun kedepan. Pada saat itu, akan terjadi ledakan jumlah usia produktif di Indonesia.   Kelak generasi milenial menjadi generasi yang paling berperan sebagai penggerak ekonomi. Market place merupakan salah satu sarana yang dapat menjadi support system penduduk usia produktif dalam merintis usaha dan membuka lapangan pekerjaan. Shopee menjadi salah satu pilihan berbelanja para generasi milenial, karena selama pandemi terjadi pembatasan bersosialisasi.   Shopee juga mengalami lonjakan jumlah kunjungan, hal ini dapat dilihat di situs I-Price, bahwa sepanjang tahun 2021, Shopee menduduki posisi teratas dalam jumlah kunjungan mengalahkan Tokopedia yang semula menduduki posisi tersebut. Hal ini menjadi alasan untuk melakukan penelitian tentang pengaruh kepuasan pelanggan, kepercayaan, dan kemudahan terhadap citra merek market place Shopee. Objek penelitian dilakukan terhadap kaum milenial berusia 21 tahun-40 tahun dari berbagai profesi yang merupakan pelanggan Shopee di Jabodetabek. Cara pemilihan sampel dilakukan secara Insidental sampling  dan purposived sampling. Metode analisa data menggunakan teknik regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan 1) Kepuasan pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap citra merek market place Shopee 2) Kepercayaan pelanggan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap citra merek, 3) Kemudahan pelanggan dalam mengakses ataupun memperoleh market place, memiliki pengaruh yang signifikan terhadap citra merek market place Shopee. 4) Persamaan Ŷ = 2,045 + 0,099X1 +0,067 X2 + 0,741 X3 + e, menggambarkan citra merek market place Shopee dipengaruhi oleh kepuasan sebesar 9,9%, kepercayaan sebesar 6,7%, dan kemudahan pelanggan sebesar 74,1%.

References

Amijaya, Gilang Rizky. 2010. Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Kemudahan, Resiko dan Fitur Layanan Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Dalam Minat Menggunakan Internet Banking (Studi Pada Nasabah Bank BCA). Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Anwar, Sanusi. 2016. Metodologi Penelitian Bisnis. Cetakan Keenam. Jakarta: Salemba Empat.

Badan Pusat Statistika. 2021. Statistik E-Commerce ( E-book). Penerbit Badan Pusat Statistik

Budiati, Indah et al. 2018, Statistik Gender Tematik: Profil Generasi Milenial Indonesia, Kerjasama Badan Pusat Statistik dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (E-Book), diterbitkan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Cooper, R.Donald dan Emory, William C. 1996. Metode Penelitian Bisnis, edisi 5, jilid 1.Erlangga, Jakarta

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang

Handi, Irawan. 2004. Indonesia Customer Satisfaction Index. Frontier.

Handi, Irawan. 2004. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Cetakan Kelima. Jakarta: Elex Media Komputindo

Luarn dan Lin. 2003. A Customer Loyalty Model For E-Service Context. National TaiwanUniversity of Science and Technology. Journal of Electronic Commerce Research, Vol. 4 No. 4.

McKnight, D.H. dan Chervany, N.L. 2002. What Trust Means In E-Commerce Customer Relationships: An Interdisciplinary Conceptual Typology. International Journal of Electronic Commerce, Vol. 6 No. 2, hal 35-59.

Rahmadi, Yusuf, Yuli Adam P. dan Muhammad Azani H. 2015. Pengembangan Modul Freemium Aplikasi TellUs (Telkom University Store). Menggunakan Metode Iterative Incremental dan Framework Laravel, e-Proceeding of Engineering : Vol.2, No.2 Agustus.

Revita, Anindea. 2016. E-Statisfaction dan E-Trust mempengaruhi ELoyalty Konsumen Wanita dalam Sosial Media. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 1, Nomor 4, Oktober.

Schiffman, Leon.G. dan Leslie Lazar Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen. Edisi Ke-7. Diterjemahkan oleh Zoelkifli Kasip. PT. Indeks, Jakarta.

Suprihartono, John, Bima Setya Nugraha, dan Lana Prihanti Putri. 2018. Hubungan Industrial, pendekatan kasus, Gadjah Mada University Press, Oktober.

Wirtz, John and Christopher Lovelock, 2018, Essentials of Services Marketing, 3rd edition, Pearson Educatio.

Downloads

Published

15.11.2022