EFEK PROMOSI PADA PENJUALAN TIKET WISATA AMAZZONE WORLD CIKARANG
Keywords:
Strategi Promosi, Penjualan, Meningkatkan Harga JualAbstract
Seiring berkembangnya teknologi di Indonesia, dalam dunia obyek wisata pun mengalami perkembangan yang cukup pesat, tetapi di sisi lain ini juga dapat berdampak pada dunia bisnis obyek wisata. Perkembangan ini juga dapat menimbulkan persaingan-persaingan ketat yang saling ingin mendominasi dunia usaha. Dengan demikian suatu perusahaan harus bekerja lebih efektif dan efisien serta lebih peka dalam mengantisipasi pasar. Dalam menyusun strategi promosi penjualan, perusahaan di tuntut lebih unggul dan lebih tinggi. Pembahasan rumusan masalah pada hasil penelitian ini, bagaimana pengaruh promosi (X) terhadap penjualan (Y) tiket pada wisata Amazzone World Cikarang. Hasil penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan pengambilan sampel sebanyak 105 responden dengan menggunakan data primer. Hasil penelitian ini adalah bahwa promosi memengaruhi penjualan tiket ke pariwisata Cikarang World Amazzone. Hasil regresi linier sederhana diperoleh, y = 10,703 + 0,854x dengan tingkat makna 0 000 <0,05. Nilai konstan (α) diperoleh pada 10.703 dan koefisien regresi promosi (x) 0,854 adalah positif, yang berarti bahwa ada pengaruh positif antara variabel promosi (x) pada variabel (y) penjualan penjualan. Tes hipotesis (uji t parsial) memperoleh nilai signifikansi 0,000 <0,05, yang berarti promosi (x) memiliki pengaruh signifikan terhadap penjualan (Y). Dapat juga dilihat dalam nilai t dalam uji t (parsial) memperoleh nilai tcount 11.864> Ttable 1.663, yang berarti promosi (x) mempengaruhi penjualan (y). Dalam koefisien penentuan (R2), memperoleh nilai persegi R 0,577, yang berarti bahwa efek promosi (x) secara bersamaan pada penjualan (y) 57,7% sementara 42,2% ditentukan oleh variabel lain yang dapat digunakan sebagai penelitian tambahan tambahan.
References
Batubara, A., & Hidayat, R., 2019. Pengaruh Penetapan Harga Dan Promosi Terhadap Tingkat Penjualan Tiket Pada PSA Mihin Lanka Airlines. Jurnal Ilmu Manajemen, 4(1), 33-46.
Ghodang, H. dan Hantono, 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Konsep Dasar & Aplikasi Analisis Regresi dan Jalur Dengan SPSS. PT. Penerbit Mitra Grup:Medan.
Hackley, C., & Hackley, R. A., 2021. Advertising and promotion. Sage: London.
Hendro, J., 2018. Pengaruh Promosi Terhadap Penjualan Produk Pupuk Organik Hemal Bio Di Pt. Hemal Agrinusa Jakarta. Jurnal STEI Ekonomi, 27(02),194-207.
Išoraitė, M., 2016. Marketing Mix Theoretical Aspects. International Journal of Research-Granthaalayah, 4(6), 25-37.
Kasmir, K., 2008. Pemasaran Bank Edisi Revisi. Kencana Prenada Media Group Jakarta.
Kotler, P., dan Amstrong, G., 2016. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Penerbit Erlangga: Jakarta.
Kusuma, H. W., 2021. Analysis of The Effect of Promotion on the Sales of General Insurance Services at PT. Wahana Tata Insurance. International Journal of Business and Social Science Research, 2(1), 20-24.
Laksana. F., 2019. Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Edisi 1. Khalifah Mediatama: Depok.
Malau, H., 2017. Manajemen Pemasaran: Teori Dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. CV. Alfabeta: Bandung.
Musnaini, Suyoto, Y. T., Handayani, W., dan Jihadi, M., 2021. Manajemen Pemasaran. CV. Insan Cendekia Mandiri: Solok.
Nadra, N. M. 2017. Pengaruh Promosi Terhadap Transaksi Penjualan Tiket Selama Garuda Indonesia Travel Fair 2015. Soshum: Jurnal Sosial dan Humaniora, 6(1), 33-45.
Nuridha,A.D., 2020. Pengaruh Promosi Penjuala Terhadap Volume Penjualan. Prismakom, 17(2), 30-38.
Pahwa, A., 2022. What Is Sales? | Sales vs. Marketing vs. Business Development. (https://www.feedough.com/what-is-sales/ diakses pada 19-04-2022, pukul 16.07 WIB).
Paputungan, D., Tampi, J. R., & Walangitan, O., 2017. Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Pada PT. Columbia Kotamobagu. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 5(4), 62-70.
Purwaningwulan, M. M., & Ramdan, T. D., 2022. Digital Promotion of Local Tourist Destinations in the New Normal Era and Its Effect on the Economy in Indonesia. Journal of Eastern European and Central Asian Research (JEECAR), 9(1), 29-40.
Rahadian, D., & Pratomo, A., 2013. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Kamar Di Hotel Benua Bandung. Binus Business Review, 4(2), 776-790.
Ramadhan, Y. H. N., Vitria, A., & Yulianti, F., 2020. Pengaruh Promosi Terhadap Penjualan Produk Pada Home Industri Al-Amanah Sasirangan Banjarbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB), 2(3), 1-6.
Ramón-Cardona, J., & Sánchez-Fernández, M. D., 2022. Innovation and Strategic Management for the Development of Tourist Destinations: Development of Nightlife and Residents’ Attitudes in Punta del Este (Uruguay). Sustainability, 14(8), 1-18.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Author
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.