PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ONLINE AGENT TRAVELOKA JAKARTA

Authors

  • Faridah Politeknik LP3I Jakarta
  • Bambang Hermanto Politeknik LP3I Jakarta
  • Danis Wahyu Susanto Politeknik LP3I Jakarta

Keywords:

Harga, Kualitas, Layanan, Keputusan Pembelian

Abstract

Traveloka merupakan perusahaan teknologi yang menggunakan internet dalam memasarkan layanan jasanya dan dapat digunakan setiap saat.. Inilah salah satu faktor penggunaan internet meningkat dalam dunia usaha. Dengan adanya layanan internet ini memudahkan konsumen dalam memenuhi kebutuhannya. Tujuan dari peneliitan ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga dan kualitaslayanan terhadap keputusan pembelian pada Agent Traveloka, Jakarta. Metode penelitian merupakan penelitian asosiatif deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik penelitian dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas  dari kuesioner pada variabel harga, variabel kualitass  pelayanan    dan  variabel  keputusan  pembelian  pada  online  travel Jakarta.  Populasi penelitian berjumlah 78 responden, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik accidential sampling yaitu suatu metode penentuan sampel dengan mengambil responden yang kebetulan ada atau tersedia di suatu tempat sesuai dengan konteks penelitian,   Untuk penganalisaan datanya memakai analisa regresillinier berganda menggunakan rumus Y = 2,246+0,234+0,297, menandakan adanya suatu pengaruh yang positif diantara variabelbebas harga dan Kualitaspelayanan terhadap  keputusan pembelian.  Serta  ujii  t  dan  uji  F.  Hasil     penelitian diinterpretasikan dengan berdasarkan pada hasil olahan statistik dengan program SPSS versi 25. Hasil analisa  uji t dan uji F, menunjukkan hasil secara parsial dan simultan ada pengaruh antara variabel (X1) harga  dan (X2) kiualitas layanan terhadap variabel keputusan pembelian konsumen (Y). Berdasarkan output uji korelasi diketahui bahwa nilaiRsquare sebesar0,694 atau 69,4% masuk kategori kuat. Hal ini berarti bahwa pengaruh varibel X1 dan X2 secara simultan terhadap bariabel Y sebesar 69,4% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidakditeliti.

References

Anwar, I. (2015). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap eputusan.Pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 1-15.

Armstrong, K. d. (2012). Manajemen Pemasaran. Jilid satu. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Asrizall Efendy.N, M. T. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Konsumen Pada Alfamart di kota Medan . Prosiding Seminar Nasional Vokasi Indonesia, 1.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM dan SPSS 21.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kodu, S. (2013). Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap KeputusanPembelian, Mobil Toyota Avanza. Jurnal EMBA, 1251-1259.

Kurniawan, H. D. (2018). PengaruhHarga, Kualitas Pelayanan dan Lokasi, Terhadap Keputusan Pembelia Konsumen Jasa JNE Jl. Glagahsari No. 62 Yogyakarta) . Jurnal Ekobis Dewantara.

Rachman, D. A. (2017). Pengaruh Kualitas, Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi kasus Pada Rumah Makan Wajan Mas Kudus). Diponegoro Journal of Social and Political Science, 1-8.

Ruslin, E. D. (2016). Pengaruh Kualitas, Pelayanan, Fasilitas, dan Harga, Terhadap Keputusan,Pelanggan, UntukMenggunakan Jasa,, Hotel Oval Surabaya. JOURNALof RESEARCH in ECONOMICS & MANAGEMENT (Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen, 348-349.

Sefnedi. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Publik Dengan Kepuasan Publik Sebagai Variabel Intervening: Peran Nilai Pelanggan Sebagai Moderasi. Apresiasi Ekonomi, 157-164.

Sisca. (2021). Pemasaran Dasar dan Konsep (Vol. !). Sumatera Utara: Yayasan Kita Menulis.

Siti Arbaini Lubis, D. L. (2017). Pengaruh, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian, Pelanggan Pada P.T. Lovely Holidays Tour & Travel Cabang Pematangsiantar. Jurnal MAKER, 31-39.

Sugiyono. (2019). Metodee PenelitianKuantitatif, Kualitatif , dan R&D. Bandung: CV Alfabeta. Thung, F. (2019). Pengaruh KualitasPelayanan Mitra Gojek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan

Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi . Jurnal Bina Manajemen, 74-95.

Downloads

Published

15.11.2022