EKSISTENSI KUALITAS PELAYANAN PT. ABC SALAH SATU PERUSAHAAN JASA EKSPEDISI DI KOTA BEKASI
Keywords:
perencanaan, implementasi, kualitas pelayanan jasa.Abstract
Penelitian ini didasari oleh adanya penurunan tingkat kepuasan pelanggan pada PT ABC di Bekasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan rekomendasi secara sistematis bagi peningkatan layanan ekspedisi PT ABC. Analisis dilakukan berdasarkan ukuran keberhasilan dari pencapaian perusahaan terhadap lima dimensi pelayanan jasa, yaitu Reliability, Assurance, Tangibles, Empathy, Responsiveness. Ada tiga jenis kategori claim yang ada ditemui pada kinerja pelayanan PT ABC yaitu akurasi data, administrasi dan estimasi pengiriman barang. Persentase terbanyak dari ketiga kategori tersebut adalah pada estimasi pengiriman barang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus yang mengeksplorasi secara khusus fenomena yang terjadi terhadap kinerja layanan PT ABC. Narasumber dan data internal maupun eksternal digunakan sebagai sumber data penelitian. Pemerolehan data dilakukan dengan melakukan kegiatan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik triangulasi data sumber dengan tahapan-tahapan sesuai dasar pendekatan penelitian kualitatif. Hasil temuan di lapangan adalah; keterlambatan estimasi pengiriman barang disebabkan karena beberapa hal yang terjadi di jalan raya yang tidak terduga pada saat proses pengiriman barang berlangsung, kendala SDM (sumber daya manusia), dan keterlambatan estimasi dari TIKI luar daerah atau daerah asal barang tersebut dikirim tanpa memperhitungkan kejadian yang tidak terprediksi. aksi demonstrasi masa yang menutup akses jalan utama. Oleh karena itu perlu dibentuknya tim khusus penanganan pengiriman barang seperti emergency team apabila terjadi situasi kondisi di jalan raya yang tidak diinginkan seperti kecelakaan, kondisi jalan banjir dan lain-lain. Team ini bergerak khusus hanya pada keadaan darurat saja. Emergency team juga bergerak pada saat ada kofirmasi dari kurir terkait kendala teknis dari kendaraan.
References
Amalia, S. S., & Rahardjo, S. T. 2016. Analisis pengaruh harga, lokasi, kualitas pelayanan dan Brand Image terhadap keputusan pembelian jasa (Studi kasus pada pengguna jasa Tiki di Semarang) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).
Anwar, P. 2019. Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan dengan lokasi sebagai variabel moderasi terhadap keputusan pembelian (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).
Astuti, A. D., & Wajdi, F. 2017. Pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan kepercayaan
pada jasa pengiriman JNE dan Tiki terhadap loyalitas konsumen online shop (Studi Pada Mahasiswa Feb Ums) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Ghony, Djunaidi; Wahyuni, Sri; Al Mansyur, Fauzan. 2020. Analisis interpretasi data
penelitian kualitatif. Refika Aditama.
Hamdani, R. 2020. Pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi terhadap kepuasan siswa
dalam menggunakan jasa bimbingan terpadu 8 Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Handayani, S. 2018. Perancangan sistem informasi penjualan berbasis e-commerce studi kasus toko Kun jakarta. ILKOM Jurnal Ilmiah, 10(2), 182-189.
Iskandar, B., & Hamdani, A. U. 2017. Desain dan pengujian sistem informasi jasa pengiriman barang studi kasus: PT. XYZ. Semnasteknomedia Online, 5(1), 1-2.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2022. https://kbbi.kemdikbud.go.id/.
Nurlina., Milasari., Dewi Rosa Indah., 2019. Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap keputusan penggunaan jasa pengiriman barang PT. Citra Van Titipan Kilat kota Langsa. Jurnal Samudra Ekonomika, Vol.3, No.1, April 2019. https://www.ejurnalunsam.id/index.php/jse/article/view/1292/1038.
Permatasari, E. N. 2017. Pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian pada pelanggan minimarket (Studi kasus pada pelanggan minimarket Alfamart Tayu Wetan, Tayu, Pati, Jawa Tengah). Jurnal Aplikasi Manajemen, 15, 371-379.
Sugiono. 2021. Metode penelitian kualitatif, Alfabeta, (Cetakan ke-4), Bandung.
Wahab, W. 2017. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah industri perbankan syariah di kota Pekanbaru. Maqdis: Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 2(1), 51-66.
Wolo , Roby Sandiko and Susi , Hariyawati. 2014. Variabel-variabel yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam menggunakan jasa logistik jne cabang Sidoarjo. Jurnal Bisnis Indonesia, 5 (1). 21 p.-32 p.. ISSN 2087-2402. http://eprints.upnjatim.ac.id/7131/.
Wulan, W. S., Mawardi, M. K., & Pangestuti, E. 2016. Pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan pembelian serta dampaknya terhadap kepuasan pelanggan (Studi pada restoran Kayu Manis Tuban). Jurnal Administrasi Bisnis, 38(2), 176-183.
Yuanita, O. F. 2017. Pengaruh produk, kualitas jasa, promosi dan lokasi terhadap keputusan nasabah penabung. Skripsi--IAIN Surakarta.
Yuliana, Dina. 2015. Strategi pengembangan pelayanan publik di bandar udara internasional Soekarno Hatta – Cengkareng. Warta Ardhia, Volume 41 No. 4 Desember 2015, hal .181-200.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Author
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.