PENGARUH PENGALAMAN ORGANISASI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS SOFT SKILL MAHASISWA DI ERA INDUSTRI 4.0 DAN SOCIETY 5.0

Authors

  • Damdam Damiyana Politeknik LP3I Jakarta
  • Joko Nugroho STAI Al-Aqidah Al-Hasyimiyyah Jakarta
  • Ria Estiana Politeknik LP3I Jakarta

Keywords:

pengalaman organisasi, motivasi belajar, kualitas softskill

Abstract

Kualitas soft skill sumber daya manusia sangat penting dalam memperkuat dunia industri saat ini yang sudah masuk pada era industry 4.0 dan society 5.0. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengalaman organisasi yang diikuti mahasiswa dan motivasi belajar terhadap peningkatan kualitas soft skill. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jumlah populasi adalah seluruh mahasiswa aktif Politeknik LP3I Jakarta pada tahun akademik 2021/2022. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial yang positif dan signifikan antara pengalaman organisasi terhadap peningkatan kualitas soft skill mahasiswa, terdapat pengaruh secara parsial yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap peningkatan kualitas soft skill mahasiswa, dan pengalaman organisasi serta motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan.

References

A.M, Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Achmadi, T. A., Anggoro, A. B., Irmayanti, I., Rahmatin, L. S., & Anggriyani, D. (2020). Analisis 10 Tingkat Soft Skills Yang Dibutuhkan Mahasiswa di Abad 21. TEKNOBUGA: Jurnal Teknologi Busana dan Boga, 8(2), 145-151.

Dau, Y. L. D. (2020). Pengaruh Kepemimpinan, Kompetensi Dosen, Perilaku Belajar, Motivasi Belajar terhadap Kualitas Soft Skill Mahasiswa Stipas Keuskupang Agung Kupang. Selidik (Jurnal Seputar Penelitian Pendidikan Keagamaan), 1(1), 1-18.

Donni Juni Priansa. (2015). Manajemen Peserta Didik Dan Model Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Gray, K., & Koncz, A. (2022). The Attributes Employers Want to See on College Students’ Resumes. USA: NACE.

Ismail, D. H., Purrohman, P. S., Ghoni, A., Matin, U. A., Muslim, A. B., Anis, M. Y., ... & Syihab, U. (2022). Relevansi Nilai Gontor: Bagi Pengembangan Karir Profesional: Pemikiran Para Doktor & Guru Besar Alumni. UNIDA GONTOR PRESS.

Ismail, D. H., Asmawi, M., & Widodo, S. E. (2020). The Effect of Organizational Culture, Leadership Style, and Trust to Organizational Commitments of LP3I Polytechnic Jakarta Lectures. IJHCM (International Journal of Human Capital Management), 4(1), 16-25.

Lubis, R. K. (2021). The Effect Of Soft Skill On Work Readiness Facing Society 5.0 In Informatics Engineering Students Of STMIK Pelita Nusantara Medan. Journal of Management Science (JMAS), 4(1), 13-16.

O’Brien, P.S. (2010). Making college count (2nd ed.). Cincinnati, Ohio: Patrick S. O’Brien Enterprises, LLC.

Pramudia, J. R., Ardiwinata, J. S., Sudiapermana, E., & Hilmi, M. I. (2019, July). The soft skill training to improve the readiness of alumni in entering the working world. In 2nd International Conference on Educational Sciences (ICES 2018) (pp. 108-110). Atlantis Press.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajar diSekolah. Jakarta: PT. Rhinea Cipta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru

dan Dosen 2005. Jakarta.

Downloads

Published

03.11.2022